Ketua RT dan RW Diminta Tanya ke Setiap Tamu Yang Datang Untuk Tunjukkan Hasil Rapid Test Antigen

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono meminta ketua RT dan RW bisa lebih aktif melakukan pendataan terhadap tamu yang datang dan pergi di wilayahnya.

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro berbasis RT/RW sudah dimulai Selasa (9/2/2021) kemarin. Pengecekan kesiapan sarana dan prasarana seperti Posko PPKM Mikro, rumah isolasi hingga lumbung pangan juga dilakukan oleh Jajaran Forkopimda Jatim.

BACA JUGA :  Kementan Tunjuk Kabupaten Banyuwangi Sebagai Daerah Penyangga Cabai Rawit Nasional

Saat meninjau sejumlah posko di Surabaya, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono meminta ketua RT dan RW bisa lebih aktif melakukan pendataan terhadap tamu yang datang dan pergi di wilayahnya. Hal itu dilakukan sebagai bentuk perlindungan kepada warga.

“Pastikan juga ada data siapa saja yang keluar masuk kampung dan sudah memiliki hasil rapid test antigen,” pesan Heru, Rabu (10/2/2021).

Heru juga memastikan bahwa sarana prasarana sudah sesuai dengan prosedur. “Seperti penyediaan makan bagi yang terkonfirmasi positif dan menjalani isolasi mandiri. Tolong dipastikan prosedurnya seaman mungkin bagi yang mengantar nantinya,” katanya.

Sebelumnya, Forkopimda Jatim telah melakukan Apel Gelar Pasukan Kesiapan Vaksinator dan Tracer Covid-19 yang mengedepankan berbagai unsur TNI-Polri.

Pangdam V/Brawijawa Mayjend TNI Suharyanto mengatakan, hal itu dilakukan tujuannya yakni untuk membantu Satgas Covid-19 di tingkat RT/RW.

“TNI dan Polri dalam hal ini mengedepankan Babinsa, Babinkamtibmas, Bintara Pembina Potensi Kemaritiman dan Bintara Pembina Potensi Kedirgantaraan untuk membantu Satgas Covid-19 di tingkat RT/RW dan Desa,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, Forkopimda Jatim kali ini meninjau langsung sejumlah daerah percontohan, yaitu di Posko PPKM Mikro RW 06 Gumuyung, Kel. Perak Barat, Kec. Krembangan dan Wisma Kedung Asem Indah RW 05, Kel. Kedung Baruk, Kec. Rungkut Kota Surabaya.  (bro)