Ketaatan Penerapan Prokes Diatas 85%, Penyebaran Covid-19 Tulungagung Terkendali

Reporter : Iman - klikjatim.com

Forkopimda saat memerika kesiapan sarana prasarana pencegahan penyebaran Covid-19 di Tulungagung.

KLIKJATIM.com | Tulungagung – Berdasarkan data yang disampaikan oleh Satgas Covid-19 Tulungagung, dalam 3 bulan terakhir penambahan jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Tulungagung masuk dalam level terkendali.

BACA JUGA :  Bupati Yuhronur Ajak Kepala Sekolah di Lamongan Adaptif dan Variatif Dalam Mendidik Siswa

Hal tersebut mengacu angka penambahan terkonfirmasi Covid-19 perharinya, yang ada di angka 5 sampai 10 orang, dengan jumlah kesembuhan yang seimbang.

Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Maryoto Birowo mengatakan, terkendalinya penambahan terkonfirmasi ini erat kaitannya dengan tingginya kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan dalam aktifitas mereka.

“Selama 3 bulan terakhir ini peningkatannya kan landai landai saja, artinya terkendali,” ujar Maryoto usai apel kesiapsiagaan pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilaksanakan pada Rabu (09/06) kemarin.

Selain itu, penerapan PPKM Mikro hingga perpanjangan ke 8 ini juga menjadi faktor pendukung yang mampu mengendalikan penyebaran Covid-19 di Tulungagung. “Kesadaran masyarakat juga cukup tinggi, bisa diprosentasekan lebih dari 85%,” terangnya.

Selanjutnya menurut Maryoto, dengan terkendalinya kondisi ini maka potensi berubahnya zona penyebaran Covid-19 di Tulungagung menjadi zona hijau semakin besar.

Sementara itu, Wakil Ketua I Satgas Covid-19 Tulungagung, Letkol Inf Mulyo Junaidi mengingatkan masyarakat agar tidak lengah dengan kondisi ini.

Pihaknya juga mengingatkan hal yang sama kepada anggotanya, agar melakukan hal yang sama.“Kita ingatkan lagi, agar jangan sampai lengah, agar jangan teledor menerapkan protokol kesehatan,”ucapnya.

Pihaknya tidak ingin ledakan kasus seperti yang terjadi di daerah lain, juga terjadi di Tulungagung. (rtn)