Keseruan KB-TK YIMI Peringati Maulid Nabi, Belajar, Berprestasi dan Berbagi

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Serunya siswa saat diberikan materi pembelajaran ketauladanan Nabi Muhammad SAW(Faiz/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Bulan kelahiran Nabi Agung Muhammad SAW telah tiba. Bulan Rabiul Awal ini menjadi momentum perayaan untuk umat Islam. Bagi siswa di Kelompok Bermain (KB) Taman Kanak-kanak (TK) YIMI bisa belajar, berprestasi, dan berbagi.

BACA JUGA :  Evaluasi PPKM Mikro Hingga Cegah Pekerja Migran, Bupati Gresik Ajak Keterlibatan RT RW

Suasana ceria bahagia siswa dan guru dalam acara lautan ilmu Maulid Nabi di KB-TK YIMI Jalan Keramat Langon, Sumberrejo, Pulopancikan, Kecamatan /Kabupaten Gresik. Para siswa belajar langsung mendengarkan ceramah anak dalam meneladani teladan Nabi Muhammad SAW. Penceramah memberikan ukhwah khasanah dengan mencontohkan akhlak Nabi dengan membawa boneka dalam penyampaian materi belajar ke siswa.

Siswa berprestasi KB-TK YIMI Gresik saat bersama Kepala Sekolah Kristantin (Faiz/klikjatim.com)

Keceriaan 69 siswa pun ditambah prestasi dari siswa yang juara Dai tampil di tengah-tengah puluhan siswa. Serta para siswa berbagi kepada anak yatim yang dikordinir oleh yayasan Yatim Mandiri.

Kepala Sekolah KB-TK YIMI Kristantin mengatakan, sebelum adanya pemberlakuan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di TK YIMI memperingati Maulid Nabi dengan virtual atau daring. Disertai animasi guru yang bercerita dalam layar Zoom. Nah, saat ini yang diprioritaskan oleh sekolah adalah kegiatan berbagi kepada anak yatim.

“Nabi Muhammad SAW sangat mencintai anak yatim. Siswa langsung meniru sikap Rosulullah. Kini, siswa langsung meneladani khudwah khasanah Nabi dengan berbagi kepada anak yatim. Alhamdulillah donasi semuanya terkumpul Rp 5 juta,” ungkapnya, Selasa (19/10 /2021).

Kepala Sekolah KB-TK YIMI Kristantin bersama siswa saat berbagi kepada anak yatim yang diwakili pengurus yatim mandiri di Sekolah (Faiz /klikjatim.com).

Disamping itu, ada juga keteladan nabi yang langsung disampaikan oleh Pildacil Khadijah siswa TK B YIMI yang beprestasi. Seperti makan diawali dengan doa, akhlak nabi makan dan minum sambil duduk dan lainnya. Disamping risalah atau sejarah Rosulullah juga ada pesan edukasi untuk anak-anak tentang penggunaan kepada gadget.

“Kita ambil contoh kecil saja yang biasa dilakukan oleh siswa,” ujarnya.

Pada prinsipnya siswa diajak mencintai Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, Orang Tua, dan orang sekitar.

Kristantin berharap, dengan kegiatan berbagi kepada anak yatim dan fakir miskin. Saat siswa tumbuh dewasa ada sifat senang berbagi dan sayang kepada warga sekitar.

“Ini contoh mudah dilakukan dari Rosulullah,” tuturnya.

Di Sekolah para siswa dalam penjagaan ketat pengawasan guru serta prokes dengan memakai masker ke sekolah. Di penghujung kegiatan perayaan kelahiran Nabi Muhammad para siswa diajak membaca Maulid Diba’ (Sejarah Kisah Nabi).

Sebelumnya, saat sebelum pandemi peringatan Maulid Nabi dirayakan dengan arakan tumpeng beserta lantunan sholawat oleh siswa, guru serta wali murid. Yang nantinya tumpeng dan makanan siap saji disedekahkan kepada masyarakat sekitar Alun-alun.

Adapun tambahan prestasi KB-TK YIMI Juara 3 lomba Fashion oleh Alesya Riswana Putri, dan juara 1 Photogenic Batik Nusantara oleh Kirana Qotrunnada Salsabilah. (bro)