Kepala Daerah Surabaya Raya Teken Komitmen Jalankan Masa Transisi

Reporter : Redaksi - klikjatim

Dari kiri Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Plt Bupatio Sidoarjo Nur AHmad Syaifudin dan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa memastikan tiga kepala daerah di Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, Gresik) berkomitmen menjalankan transisi new normal. Komitmen itu diwujudkan dalam penandatanganan kesepakatan di Gedung Grahadi, Kamis (11/6/2020).

BACA JUGA :  Komisi E DPRD Jatim Pastikan Putra Nakes Terakomodasi PPDB

Bentuk komitmen itu juga dituangkan dalam peraturan kepala daerah masing-masing terkait penerapan new normal. Menurut Khofifah Indar Parawansa, dia berharap ketiga kepala daerah di Surabaya Raya yang menerapkan new normal agar tetap berkomitmen kuat menanggulangi COVID-19.

“Saya mengutip lagu dari Michael Jackson, heal the world. Ayo sembuhkan dunia, sembuhkan mereka yang terpapar Corona. Tidak hanya di Surabaya Raya, tapi juga internasional,” terangnya

Wali Kota Tri Rismaharini menerbitkan Perwali No 28 Tentang Tatanan Normal Baru saat Pandemi COVID-19.

“Ini tanggung jawab besar, kami berusaha komitmen dari Pemkot, warga Surabaya untuk tetap berusaha dan mencegah COVID-19. Kita terus melakukan usaha tracing untuk menemukan siapa yang terpapar virus ini. Kita ingin menyeimbangkan dan memulihkan ekonomi warga Surabaya,” kata Risma.

BACA JUGA :  DPRD Jatim Bakal Awasi Pelaksanaan Pendidikan TisTas

Dalam waktu dekat, Risma mengatakan akan melaunching kampung tangguh, mal tangguh, pasar tangguh, industri dan tempat ibadah dengan slogan Wani Jogo Suroboyo. “Nantinya kita juga akan melaunching sekolah, meski belum masuk, kita akan siapkan bersama agar menjadi sekolah wani jogo Suroboyo,” terang Risma.

Di tempat yang sama Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto menerbitkan Perbup No 22 Tahun 2020 tentang pedoman masa transisi menuju new normal saat pandemi COVID-19.

“Aturan ini menjadi komitmen kita dalam menekan COVID-19. Atas nama Pemkab Gresik, kami komitmen atas apa yang kita sepakati bersama,” kata Sambari Halim Radianto.

Sementara itu Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengeaskan, Perbup Sidoarjo No 44 tahun 2020 tentang pelaksanaan pola hidup di masa transisi.

“Dengan komitmen ini, kami berharap setelah PSBB yang ke III ini, hari ini kita menuju transisi new normal, mudah-mudahan ikhtiar kita kebijakan ini menjadi kebijakan yang tepat, dan didukung oleh masyarakat,” kata Cak Nur.(mkr)