Kemenkes dan Pemprov Jatim Saling Tukar Hibah

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Agenda penyerahan hibah antara Kemenkes RI dan Pemprov Jatim di Hotel Mercure Jalan Darmo, Surabaya. (ist)

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Tukar menukar barang tidak hanya terjadi di kalangan masyarakat saja. Namun juga dilakukan oleh birokrasi seperti Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Keduanya sepakat untuk saling menyerahkan atau tukar aset.

BACA JUGA :  Traktor Kendali Remote Ciptaan Petani Pasuruan Inovatif

Kemenkes telah menyerahkan barang milik negara (BMN) kepada Pemprov Jatim berupa sebagian tanah bangunan kantor pemerintahan, yang saat ini dipakai Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya dengan luasan 45.130 meter persegi. Sedangkan Pemprov Jatim menyerahkan barang milik daerah (BMD) berupa Politeknik Kesehatan (Poltekes) Malang yang berlokasi di Jalan Oro Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kabupaten Malang, seluas 58.588 meter persegi untuk Kemenkes RI.

Sekjen Kemenkes RI, drg Oscar Permadi mengatakan, penandatanganan penyerahan aset tersebut sebagai tindak lanjut pelaksanaan hibah BMN dalam rangka tertib administrasi, tertib fisik dan tertib hukum (3T) di lingkungan Kemenkes dan Pemprov Jatim. “Semoga pertemuan ini memberikan manfaat baik bagi Provinsi Jawa Timur, maupun bagi Kementerian Kesehatan dalam upaya kita mewujudkan pembangunan di bidang kesehatan,” tutur Oscar Permadi, Selasa (3/11/2020).

Menurutnya, pencatatan tanah yang dilakukan untuk menunjang penyelenggaraan rehabilitasi mental, psikologi dan penyembuhan kejiwaan masyarakat. Sehingga langkah itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan rujukan kesehatan jiwa oleh RSJ Menur dan penyelenggaraan pendidikan oleh Poltekes Malang.

Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono menambahkan, peningkatan mutu pelayanan Kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Utamanya sektor pelayanan kesehatan yang sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Terima kasih kepada Pak Sekjen yang telah memberikan hibah tanah dan aset yang sebelumnya diberikan kepada RSU dr Soetomo Surabaya dan hari ini RSJ Menur. Kami yakin ini akan memberikan manfaat terhadap layanan kesehatan kepada masyarakat secara luas,” ujar Heru Tjahjono usai penandatanganan naskah hibah dan berita acara serah terima.

Adapun diketahui, bahwa hibah tersebut sesuai dengan Keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/61/KPTS/013/2020, tentang Hibah Barang Milik Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada Kementerian Kesehatan. (nul)