Kelompok 27 KKN Tematik ITS Kenalkan Fitur KAHOOT Pada Guru dan Siswa di Gresik

Reporter : Hendrawan Syahputra - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com I Gresik – Mahasiswa ITS Surabaya Kelompok 27 melakukan KKN Tematik di beberapa SD/MI di Kabupaten Gresik, dari 1-12 Oktober 2020. Mereka mengenalkan fitur KAHOOT untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

BACA JUGA :  Pembakar Istri Sempat Putar-putar Surabaya-Sidoarjo sebelum Kabur Jateng

Pada kelompok ini terdapat 12 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai departemen atau jurusan di ITS angkatan 2018. Lokasi pengabdian ini diantaranya adalah SDN 51 Gresik, SD MUHAMMADIYAH 1 Gresik, MI Al-Hidayah, SDN 43 Gresik, SDN 12 Gresik, SD MUHAMMADIYAH 1 GKB, dan MI Manbaul Huda.

Ketua Kelompok, Wedharing Rosemewah mengatakan, SD/MI tersebut didatangi 2 mahasiswa yang disesuaikan dengan kondisi tempat tinggal mereka.

“Pada KKN Tematik kami memberikan sosialisasi fitur-fitur google kepada guru-guru di SD/MI tersebut, materi yang kami ajarkan yaitu mulai dari google form di mana pada fitur tersebut kami mengajarkan mulai dari bagaimana membuat soal mengatur soal tersebut hingga sampai dapat dibagikan kepada murid-murid,” ujarnya.

Ditambahkan, materi google form ini banyak dari guru-guru memberitahukan kesulitanya selama menggunakan google form yaitu pada pengaturan untuk soal kuis.

“Dalam kegiatan KKN ini kami lakukan selama kurang lebih 1 bulan untuk minggu ke 2 kami memberikan pengajaran mengenai fitur KAHOOT. Fitur ini disampaikan pada pertemuan ke 2 dan kami sangat bersyukur sekali karena respons guru-guru yang kami ajar sangat antusias sekali. Guru-guru merasa fitur ini adalah fitur baru dan juga dianggap sebagai fitur alternatif untuk memberikan hiburan dalam mengajar kepada siswa agar tidak bosan,” tandasnya.

Fitur KAHOOT ini adalah fitur yang digunakan untuk memberikan kuis tetapi dikemas dalam bentuk tampilan yang menarik seperti GAME sehingga diharapkan siswa tidak bosan dalam pembelajaran yang masih dilakukan secara daring.

“Kami harap ini bisa bermanfaat dan untuk para guru harus tetap semangat,” pungkasnya. (hen)