Kejari Target Herd Immunity, Gerindra Gresik Gelar Vaksinasi

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Nur Saidah saat meninjau vaksinasi di MI Miftakhul Jannah Desa Duduksampeyan (Faiz /klikjatim.com )

KLIKJATIM.Com | Gresik — Untuk membantu percepatan mencapai 70 % herd immunity di Kabupaten Gresik  partai politik (Parpol) DPC Partai Gerindra Gresik  kembali menggelontor 1.000 dosis vaksin untuk masyarakat di Kecamatan Duduksampeyan, Selasa (14/9/2021).

BACA JUGA :  Edan! Sembilan Pemuda Vs Satu Gadis, Dicekoki Miras Lalu Diperkosa

Dosis tersebut droping dari anggota Fraksi Gerindra DPR RI Khilmi. Bertempat di MI Miftakhul Jannah Desa Duduksampeyan Penyuntikan vaksinasi langsung  dipantau langsung Wakil Ketua DPRD Gresik  Nur Saidah.

“Vaksinasi ini dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Gresik. Rencananya akan dilakukan selama dua hari,” kata Nur Saidah yang juga bendahara DPC Gerindra itu.

Menurutnya, sejauh ini ada 1.000 dosis yang disediakan. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada tambahan droping sehingga serbuan vaksinasi akan masif dilakukan. Tujuannya, target herd immunity 70 persen segera tercapai.

“Masyarakat luar daerah pun bisa mengikuti vaksinasi ini. Artinya, tidak hanya untuk warga yang ber-KTP Duduksampeyan atau Gresik saja. Vaksinasi untuk semua,” ujarnya.

Legislator perempuan itu  berharap, serbuan vaksinasi di Kota Pudak segera memenuhi target. Sehingga masyarakat bisa krmbali beraktivitas secara normal dan selanjutnya bisa berkonsentrasi dalam agenda pemulihan ekonomi dan pembangunan daerah.

Diketahui, capaian vaksinasi juga berpengaruh terhadap zonasi dan penentuan level PPKM. Per hari ini, wilayah Surabaya Raya terganjal di PPKM Level 3 karena serbuan vaksinasi belum merata. Sidoarjo dan Gresik capaiannya masih di bawah 50 persen.

Kepastian itu sesuai Irmendagri No. 42 Tahun 2021. Dijelaskan, untuk turun ke PPKM level 2 maka capaian vaksinasi dosis 1 minimal di angka 50 persen. Sedangkan untuk beralih ke level 1 capaiannya paling sedikit 70 persen.

Sementara, data Kemenkes RI mencatat dari tiga daerah di Surabaya Raya, baru Kota Surabaya yang melebihi target. Gresik dan Sidoarjo masih tertinggal. Oleh karenanya, status PPKM masih terganjal di level 3.

Sebagai catatan, vaksinasi di Kota Surabaya sudah menyasar 2.225.348 jiwa atau telah melebihi target 70 persen dari total penduduk sekitar 2,9 juta jiwa. Sedangkan di Gresik baru 43,73 persen atau 442.367 jiwa dari total 1,3 juta penduduk. Begitu pun Sidoarjo baru menyasar 722.051 jiwa dari 2,1 juta penduduk atau 44,72 persen. (rtn)