Kasun Lebaksari Tak Kunjung Dicopot, Kades Karangjati Kembali Digeruduk Warga

Reporter : Didik Nurhadi - klikjatim.com

Warga Dusun Lebaksari mendatangi kantor Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. (Didik Nurhadi/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Pasuruan – Sejumlah warga Dusun Lebaksari, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, menggeruduk ke Balai Desa setempat. Kedatangan mereka untuk menagih janji kepala desa (Kades) Karangjati, Kuyatif terkait pencopotan Yasin dari jabatan Kepala Dusun (Kasun) Lebaksari. 

“Kita minta kades (Kuyatif) segera copot Yasin sebagai Kasun Lebaksari,” kata Yanto selaku koordinator aksi, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, warga Dusun Lebaksari sudah capek selama dua bulan persoalan ini tidak kunjung selesai. “Sudah dua bulan lebih persoalan ini tidak kelar. Warga sudah capek, janji-janji akan diselesaikan tapi sampai saat ini tidak pernah ada kesepakatan,” imbuhnya. 

Anggota BPD setempat, Jajuli berjanji akan mengawal persoalan ini sampai tuntas. “Saya akan mengawal proses pencopotan Kasun Yasin. Kita menghormati proses pencopotannya,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kades Karangjati, Kuyatif berjanji akan menindaklanjuti keluhan warga Lebaksari. “Kita akan koordinasi dengan Camat Pandaan, langkah apa yang akan kita ambil terkait masalah ini,” ucapnya.

Kades Karangjati menegaskan bahwa pihaknya sudah melayangkan surat peringatan kepada sang kasun. “Sudah dua kali kita peringatkan melalui tertulis, si kasunnya agar persoalan itu diselesaikan secara internal,” imbuhnya. 

Lebih lanjut dia menerangkan dalam pemberhentian seorang kasun ada tiga hal yang harus masyarakat ketahui. Salah satunya harus mengundurkan diri. 

Dari pantauan klikjatim.com di Balai Desa setempat situasi sempat memanas. Bahkan, ada seorang emak-emak yang sempat pingsan. Sontak suasana berubah menjadi tegang. (nul)