Kafe dan Warkop di Gresik Masih Los Doll Pengunjungnya Ramai Tak Bermasker * Update Covid Gresik 20 Orang Sembuh

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Pengunjung kafe Giri Hill duduk bergerombol dan sebagianbesar tidak mengenakan masker pada Sabtu (19/9/2020) malam.

KLIKJATIM.Com | Gresik – Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Gresik tampaknya harus lebih giat lagi merazia sejumlah tempat keramaian di wilayahnya. Ini terjadi setelah sejumlah kafe di Kota Gresik yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Tidak ada jarak physical distancing serta pengunjungnya separo tidak mengenakan masker.

BACA JUGA :  Risma Dipukul Maling Hingga Klenger dan Dirawat di RSUD Ibnu Sina

Berdasarkan pengamatan pada Sabtu (19/9/2020) malam, Klikjatim.com menjumpai beberapa kafe ramai pengunjung. Seperti di Giri Hill dan Luminos Kafe, di Desa Ngargosari Kecamatan Kebomas. Jalanan menuju kafe kafe di sepanjang bukit Giri tersebut ramai dikunjungi masyarakat.

Di dalam kafe tidak ada jarak antar pengunjung. Dalam satu mejad para pengunjung duduk berdempetan tidak ada physical distancing. Herannya lagi, pengunjung yang didominasi anak muda ini sebagianbesar tidak mengenakan masker walau tidak sedang makan atau minum. Mereka asyik bergerombol dan berbicara berdekatan.

Juru Bicara  Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Gresik drg Saifudin Gozali saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan anggota Satgas lainnya seperti Polres Gresik dan Satpol PP untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

“Kami akan koordinasikan lagi dengan anggota. Yang pasti sesuai Perbup dan Inpres, harus ada jarak dan penerapan protokol kesehatan ketika melakukan kegiatan di luar rumah. Jika dilanggar, baik pengunjung maupun pengelola kafe bisa dikenakan tindak pidana ringan,” jelas Gozali.

Gozali terus meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan saat beraktifitas di luar rumah. Dia mengingatkan untuk selalu mengenakan masker dan cuci tangan usai berakfitias. “Kendati pasien yang sembuh banyan, namun jumlah pasien yang terkonfirmasi positif tiap hari juga masih terus bertambah. Untuk  itu kami mengajak masyarakat selalu taat protokol kesehatan serta menjaga kesehatan. Jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak, kalaupun harus keluar jangan lupa pakai masker,” imbau drg Saifudin Gozali. .

Sementara update pasien sembuh Covid-19 di Kabupaten Gresik pada Minggu (20/9/2020) tercatat ada 20 orang. Dengan tambahan pasien tersebut maka total pasien sembuh Covid di Gresik hingga hari ini mencapai 2.619 orang. Sementara pasien yang terkonfirmasi positif Covid ada tambahan 17 orang dengan total keseluruhan pasien mencapai 3.159 orang. Untuk pasien yang mash menjalani perawatan dan karantina mandiri tercatat masih ada 268 orang. (hen)