Kabupaten Bojonegoro Juara Nasional Jumlah Desa Mandiri, Banyuwangi ke-3, Gresik ke-5

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Bojonegoro—Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trnasmigrasi (Kemendes PDTT) merilis hasil indeks desa membangun (IDM) di seluruh Indonesia. Hasilnya, Kabupaten Bojonegoro menempati urutan pertama dengan kategori desa mandiri paling banyak dari seluruh kabupaten di Indonesia.

BACA JUGA :  Seratusan Pemudik Bojonegoro Dipaksa Putar Balik

Kabupaten Bojonegoro mengungguli kabupaten lainnya di Indonesia untuk urusan desa. Tercatat, di Kabupaten Bojonegoro terdapat 103 desa dengan kategori mandiri. Kemudian terdapat 254 desa maju, sementara desa berkembang yang sebelumnya mencapai 210 desa kini menyisakan 62 saja.

“Benar sesuai data Kemendes Kabupaten Bojonegoro masuk 5 besar dengan jumlah desa mandiri terbanyak di Indonesia disusul Kabupaten Tabanan. Jumlah desa tertinggal dan sangat tertinggal sejak tahun 2020 hingga 2021 mengalami trend penurunan alias nol persen,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Mahmuddin, Kamis (9/6/2021).

Dikatakan, banyaknya desa mandiri dan desa maju di Bojonegoro tersebut dinilai karena adanya beberapa program yang mendukung IDM, seperti program bank sampah yang didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat dan berdirinya desa atau kampung tangguh penanggulangan Covid-19 yang dicanangkan oleh polri maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Dalam IDM ada tiga indikator untuk menilai, pertama ketahanan ekonomi, lingkungan dan sosial,” imbuhnya.

Mahmudin mengatakan, prestasi tersebut akan terus ditingkatkan dengan mendorong pemerintah desa khususnya desa dengan kategori berkembang, didorong meningkat menjadi desa maju. Di antaranya, kata Mahmudin, strategi tersebut bisa dilakukan dalam pengambilan keputusan di tingkat musyawarah perencanaan dan pembangunan desa (musrenbangdes)

“Sebelum Juli kami akan melakukan harmonisasi untuk mencukupi indikator tersebut dengan harapan seluruh OPD bisa membantu,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan Kemendes PDTT, lima kabupaten dengan jumlah desa mandiri terbanyak. Di urutan teratas ada Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jatim dengan jumlah 103 desa mandiri. Kemudian Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali sebanyak 96 desa mandiri.

Di urutan ketiga ditempati Kabupaten Banyuwangi dengan desa mandiri sebanyak 89. Urutan keempat ada Kabupaten Bandung, Jabar dengan 86 desa mandiri dan diurutan kelima Kabupaten Gresik, Jatim yang juga terdapat 86 desa mandiri. (mkr)