Kabar Hilangnya BB Seberat 11 Kg Sabu Ternyata Hoaks, Begini Penjelasan Polrestabes Surabaya

Reporter : M Amiludin Imam Muhtarom - klikjatim.com

Wakasat Reskoba, Kompol Heru Dwi Purnomo dalam agenda konferensi persnya di Mapolrestabes Surabaya. (ist)

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Wakasat Reskoba Polrestabes Surabaya, Kompol Heru Dwi Purnomo membantah terkait adanya kabar hilangnya barang bukti (BB) sabu seberat 11 kilogram (kg). Dipastikan bahwa kabar tersebut tidaklah benar alias hoaks.

BACA JUGA :  Tak Sesuai Spesifikasi, Kasus Proyek Pelebaran Jalan Dinas PUPR Tulungagung Naik ke Tahap Penyidikan

Hal ini ditegaskan dalam konferensi pers yang digelar di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (7/4/2021). “Kabar itu tidak benar, tidak ada 1 gram pun narkotika yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” kata Kompol Heru.

Diterangkan, pengungkapan kasus ini bermula saat anggotanya mengamankan para pelaku jaringan Semarang. Untuk barang buktinya (BB) waktu itu seberat 5 kg sabu.

Kemudian dikembangkan lagi, dan petugas kembali berhasil mengamankan 23 kg sabu dan 20 ribu pil ekstasi di gudang salah satu apartemen di Surabaya.

“Sabu itu kami amankan dari tiga tersangka yakni AH, RR, dan MNC. Dua pelaku terpaksa kami lakukan tindakan tegas terukur, yang mengakibatkan hilang nyawa. Karena mereka melawan petugas, sehingga mengakibatkan 1 anggota kami mengalami luka di bagian lengan akibat sabetan benda tajam (pisau),” urainya.

Dan perlu diketahui, bahwa seluruh perkara narkoba ini akan dilakukan penyelidikan sesuai prosedur dan profesional. Jika ada barang bukti dari hasil penangkapan akan diuji terlebih dahulu di lab Polda Jatim, untuk memastikan kandungan barang tersebut.

Selanjutnya terkait BB 11 kg sabu yang disebut-sebut hilang tersebut sudah dimusnahkan pada Oktober 2020 di Mapolrestabes Surabaya. “Semuanya sudah dimusnahkan pada tanggal 26 Oktober tahun lalu di Mapolrestabes Surabaya, dan terkait pemusnahan itu kami bisa tunjukkan mulai dari LP-nya hingga berita-berita acara pemotretan, maupun berita acara pemusnahan. Termasuk pertanggungjawaban 11 kilogram sabu, semua ada berita acara pemusnahannya,” tegas Kompol Heru. (nul)