Jumlah Pasien Sembuh Covid di Gresik 2 Kali Lipat Dibanding Positif

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Tindakan testing tracing dan treatement yang dilakukuan Pemkab Gresik mulai membuahkan hasil dengan tingginya angka kesembuhan pasien Covid dibanding positif.

KLIKJATIM.Com | Gresik – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyampaikan jumlah pasien Covid-19 yang sudah sembuh pada Sabtu (1/8/2020) angka dua kali lipat dibanding yang positif. Berdasarkan informasi yang disampaikan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Kabupaten Gresik, ada 41 pasien yang sembuh. Sementara yang positif ada 21 orang.

BACA JUGA :  Dua Spesialis Curanmor Roboh Ditembak kakinya

“Alhamdulillah secara bertahap jumlah pasien yang sembuh lebih tinggi dibanding yang positif. Hari ini ada 41 orang sembuh, sementara yang positif ada 21 orang. Meski angka positif masih terus bertambah, namun tim Gugus Tugas Kabupaten Gresik terus melakukan testing tracing dan treatmen,” jelas Sambari Halim Radianto.

Dikatakan, masifnya kegiatan testing baik rapid maupun PCR memang akan menambah angka positif pasien Covid. Namun upaya ini merupakan salahsatu pencegahan sekaligus untuk memutus mata rantai penyebaran Covid. Dengan diketahui ada orang yang positif melalui testing, maka tim akan melakukan tracing atau penelusuran ke orang terdekat.

Dengan demikian, kata dia, penularan lebih banyak bisa dicegah dengan langkah testing dan tracing tersebut. Sementara pasien yang terdeteksi positif langsung dilakukan langkah medis jika ada gejala atau tindakan karantina jika tanpa gejala klinis. Kondisi inilah yang menjadikan angka kesembuhan pasien di Gresik terus bertambah.

“Jika pasien tanpa gejala kami isolasi di Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien di Stadion Gejos. Maka pasien yang memiliki gejala klinis akan dirujuk ke rumah sakit rujukan Covoid di Gresik,” jelas Bupati Gresik. (hen)

BACA JUGA :  Pimpinan Dewan Punya Mobdin Baru

Pasien sembuh pada Sabtu ini masing-masing.
1. Kecamatan Gresik 13 orang dari Karangpoh 1 , Ngipik 1 , Sidokumpul 3 , Sukorame 3 , Tlogopatut 3 , Tlogopojok 2
2. Kecamatan Kebomas 2 dari Desa Sidomoro dan Gulomantung
3. Kecamatan Manyar 23 dari Desa Banjarsari 2 , Manyarejo 2 , Manyar Sidomukti 3 , Manyar Sidorukun 1 , Peganden 7, Pongangan 8
4. Kecamatan Wringinanom 3 dari Desa Sumengko 2 dan Pasinan Lemah Putih 1

Pasien Terkonfirmasi Positif
1. Kecamatan Balongpanggang 1 dari Desa Balongpanggang (meninggal)
2. Kecamatan Driyorejo 3 dari Desa Mulung 1, Randegansari 1, Petiken 1
3. Kecamatan Duduk Sampeyan 1 dari Desa Petisbenem
4. Kecamatan Gresik 4 dari Sidokumpul 3 (1 meninggal) dan Gapuro Sukolilo 1
5. Kecamatan Kebomas 12 dari Desa Dahanrejo 2 , Gending 1, Indro 1 , Kedanyang 2 , Kembangan 2 , Randuagung 2 , Sidomoro 1 , Singosari 1