Jembatan Ambruk, Warga Dua Desa di Jember Sulit Lewat

Reporter : Didik Nurhadi - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com I Jember – Jembatan akses dua dusun di Desa Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember ambruk. Ambruknya jembatan yang menghubungkan Dusun Sodong dengan Dusun Delima tersebut disebabkan terjangan air sungai yang meluap pada saat hujan disertai angin, Sabtu (20/3/2021) malam.

BACA JUGA :  Sebanyak 3.219 Pasien Positif Covid Surabaya Dinyatakan Sembuh

Meskipun kondisinya sudah memprihatinkan, namun hal itu tidak membuat warga setempat mengambil jalan lain. Seperti Tahrul (33), Warga Dusun Sodong, salah satu pengguna jembatan yang setiap harinya melintas di jembatan tersebut.

Dia mengaku, dirinya melakukannya dengan terpaksa. Sebab, jika harus lewat akses yang lain, di samping jaraknya yang jauh, kondisi jalanya juga tidak layak untuk dilalui pengendara sepeda motor.

“Iya terpaksa, meskipun kondisinya sangat-sangat mengerikan, sebab tidak ada lagi, ini satu-satunya akses bagi saya dan warga yang lain di dusun kami,” tandasnya, Senin (22/3/2021).

Dia berharap pemerintah agar sigap menanggapi persoalan tersebut, sebab jembatan itu adalah harapan satu-satunya bagi warga Dusun Sodong untuk beraktivitas. “Saya sebagai warga yang berada di Dusun Sodong berharap agar segera ada perhatian dari pemerintah, karena jembatan ini menjadi ribuan warga,” imbuhnya.

Sementara itu, Kaur Kasi Kesra Desa Kemiri Lutfi Efendi menambahkan, ambruknya jembatan tersebut disebabkan karena konstruksi bangunan jembatan tersebut tidak kuat menahan terjangan air sungai.

“Dengan debit air yang luar biasa pada malam itu, sehingga mengakibatkan ambruk pada jembatan, iya mungkin juga kurang kuat konstruksinya, sehingga tiang penyangganya juga tergerus air,” ucapnya pada awak media.

“Sangat menghawatirkan, karena meskipun kondisinya sudah tidak layak untuk dilewati, namun warga masih tetap memilih lewat akses ini,” tambahnya.

Dia juga berharap ada perhatian dari pemerintah daerah. “Ini juga menyangkut keselamatan warga kami,” pungkasnya. (hen)