Jelang Libur Nataru, Dinkes Jember Siapkan Langkah Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19

Reporter : Abdus Syukur - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Jember – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember menyatakan siap untuk menekan laju pandemi Covid-19 pada masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

[irp]

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Lilik Lailiyah mengatakan, pihaknya menyiapkan sejumlah langkah mengantisipasi terjadinya lonjakan penularan Covid-19 yang memungkinkan adanya gelombang 3 Covid-19, terutama pada libur Nataru.  

“Kami tetap akan menyiapkan dan menyiagakan 3T. Ya, isolasi terpusat tetap kita sediakan walaupun sampai harinya sudah,” tuturnya, Minggu (28/11/2021).

Lebih lanjut,Lilik menerangkan, segala bentuk pembatasan dan pengawasan di titik rawan keramaian akan diterapkan pada bulan Desember hingga tahun depan.  

“Alhamdulillah. Mungkin nanti dengan diberlakukannya level 3 di seluruh wilayah ini bisa mengurangi kemungkinan terjadinya penularan dalam kegiatan libur Nataru,” imbuhnya.

Lilik menambahkan, pusat peribadatan juga tidak luput dari pemantauan ketat guna menghindari kluster baru penularan Covid-19. Selain menggencarkan 3T, pihaknya juga membuka sejumlah titik isolasi agar gelombang 3 Covid-19 dapat dicegah sejak dini.

“Dan, rumah sakit pun tetap kita sediakan tempat isolasi,” ucapnya.

Walaupun kasus saat ini rendah, dr. Lilik Lailiyah menekankan agar masyarakat tidak meninggalkan kewaspadaan, dengan tetap mentaati protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi Covid-19. (bro)