Japan Corner Jadi Pelengkap Jendela Wawasan Perpustakaan SMAM 1 Gresik

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Pojok Jepang di perpustakaan Teras Mentari milik SMAM 1 Gresik (Abd Aziz Qomar/Klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Japan Corner (Pojok Jepang) menjadi salah pelengkap jendela wawasan bagi siswa SMA Muhammadiyah 1 (SMAM 1) Gresik.

Japan Corner sendiri berada di Perpustakaan Teras Mentari, milik SMAM 1 Gresik.

Baca juga: Siswa SMAM 1 Gresik Belajar Bahasa Jepang Bersama Native Speaker

Kepala Sekolah SMAM 1 Gresik Ainul Muttaqin menyampaikan, Japan Corner dilengkapi buku-buku berisi wawasan tentang Jepang, baik bahasa, sejarah maupun budaya Jepang secara umum.

“Ada juga buku-buku pelajaran untuk mata pelajaran bahasa Jepang,” tutur Ainul.

Dikatakan, Pojok Jepang tersebut merupakan hasil dari kerjasama dengan PT Smelting, yang menaruh perhatian pada pendidikan. Dalam kesempatan Industri Mengajar beberapa waktu lalu, PT Smelting memberikan buku-buku bahasa Jepang dan etalasenya di perpustakaan tersebut.

“Dan kemarin anak-anak juga sempat berdialog dengan native speaker bahasa Jepang dari PT Smelting,” ujarnya.

Baca juga: Kabupaten Gresik Kini Punya Rumah Rehabilitasi Napza

Senior Manajer General Affairs PT Smelting Sapto Hadi Prayetno mengungkapkan, PT Smelting memang memberikan perhatian lebih pada aspek pendidikan. Dan kebetulan di SMAM 1 ada mata pelajaran dan jurusan bahasa Jepang.

“Diharapkan Japan Corner bisa menjadi pintu masuk awal para siswa SMAN 1 mengakrabi budaya dan bahasa Jepang,” ungkapnya.

Dijelaskan, hal itu penting karena dengan memahami budaya bangsa lain, akan lahir rasa hormat pada sesama manusia, meskin beda secara kebangsaan.

“Apalagi dalam percaturan dunia hari ini, Jepang punya peran strategis dalam kerjasama ekonomi dengan Indonesia, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan kemampuan interaksi dan komunikasi yang bagus dengan bangsa Jepang maupun bangsa lain,” imbuh Sapto.

Kedepan, Smelting berencana melengkapi koleksi di Japan Corner dengan buku-buku yang lebih banyak dan beragam. (ris)

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *