Jadwal Paripurna Pergantian Ketua DPRD Gresik Ditentukan Pimpinan

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Pimpinan DPRD Gresik saat dilantik pada 2019 lalu.

KLIKJATIM.Com | Gresik – Rencana pergantian Ketua DPRD Gresik di tingkat Badan Musyawarah (Banmus) belum ada keputusan. Itu terjadi lantaran masih ada tarik ulur soal waktu pelaksanaan paripurna pergantian pimpinan. Untuk itu, rapat Banmus yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Gresik, Mujid Riduan menyerahkan keputusan kepada pimpinan.

BACA JUGA :  Pansus RT/RW DPRD Sidoarjo Temukan TKD Hendak Dijadikan Perumahan

Mujid Riduan menjelaskan, keputusan di pimpinan dewan juga belum bisa diambil. Sebab pimpinan DPRD tidak lengkap saat mengikuti rapat, sehingga ditunda sampai mereka duduk bersama. “Nanti penentuan tanggal paripurna usulan pergantian Ketua DPRD Gresik ke Gubernur Jatim diserahkan kepada rapat pimpinan DPRD. Yang pasti di bulan Agustus ini,” kata Mujid Riduan.

Sementara itu Ketua Fraksi PKB, Moh. Abdul Qodir menjelaskan, Banmus menyerahkan kepada pimpinan DPRD untuk menentukan tanggal paripurna usulan pergantian Ketua DPRD. “Untuk penentuan tanggal paripurna saja yang diserahkan kepada pimpinan DPRD,” tegas Abdul Qodir.

Dikataka, penentuan tanggal paripurna diserahkan kepada pimpinan untuk menyesuaikan agenda mereka. Mengingat, ada 2 dari 4 pimpinan DPRD Gresik yang bakal running pada Pilbup Gresik 2020. Yakni Ketua DPRD Fandi Akhmad Yani (PKB) dan Wakil Ketua DPRD Asluchul Alif (Gerindra). “Jadwal mereka padat sehingga perlu disesuaikan,” terang Qodir.

BACA JUGA :  Mahasiswa Tolak Pembahasan Ranperda RTRW

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Gresik, Ahmad Nurhamim juga memastikan paripurna usulan pergantian Ketua DPRD akan digelar bulan ini. “Kami akan rapat dulu untuk menentukan tanggalnya. Yang pasti, paripurna digelar bulan Agustus ini,” kata Nurhamim.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya , DPP PKB memutuskan mencopot Gus Yani, sapaan akrab Fandi Akhmad Yani dari jabatan Ketua DPRD Gresik periode 2019-2024 dan mengangkat Ketua Fraksi PKB Moch Abdul Qodir sebagai penggantinya. Pencopotan dan pergantian itu mengacu Surat Keputusan (SK) DPP PKB Nomor 3013/DPP/01/VII/2020. PKB merekomendasi Moch. Abdul Qodir sebagai Ketua DPRD Gresik menggantikan Fandi Akhmad Yani. (hen)