Jadi Tuan Rumah, Jatim Hanya Raih Juara 3 Penerapan Sistem Merit

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Provinsi Jatim menjadi tuan rumah Anugerah Meritokrasi 2021 yang digelar Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mengapresiasi instansi pemerintahan yang berhasil menerapkan sistem merit di Hotel Westin, Surabaya, Selasa (7/12/2021).

[irp]

Pada kesempatan itu, Jatim sendiri meraih peringkat ketiga kategori Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dengan penilaian Sangat Baik Dalam Penerapan Sistem Merit dengan nilai 332. Sedangkan urutan pertama dan kedua, ditempati Pemprov Sulsel dan Jateng, masing-masing mendapatkan nilai 340,5 dan 335,5.

Untuk kategori pemkot, Pemkot Mojokerto, Pemkot Probolinggo, dan Pemkot Malang diapresiasi sebagai pemkot dengan kategori baik. Masing-masing mendapatkan nilai 288, 271,5 dan 256,5 yang membuat mereka menempati peringkat ke-9, ke-10, dan ke-14.

Sedangkan, anugerah pemkab kategori baik diberikan kepada Pemkab Mojokerto dengan nilai 263 dan Pemkab Malang dengan nilai 261. Masing-masing menempati peringkat ke-19 dan ke-20.

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengatakan, penganugerahan ini merupakan pendorong perwujudan komitmen program Jatik yang telah dicanangkan. “Ini merupakan komitmen dan bagian dari Jatim Amanah. Di mana, kami menjunjung tinggi pengisian the right man on the right place. Nah, ini dilaksanakan dengan pemantauan secara terus-menerus,” ujar Emil.

Ia mengatakan, penempatan pada instansi tidak hanya didasarkan pada tingkat intelektual saja. Tapi juga karakter seseorang. “Kami pantau kinerjanya, jadi tidak hanya sekedar pintar saja. Kalau cuma jago saat ujian, banyak yang jago. Tapi kami lihat juga integritas dan jam terbangnya. Pada akhirnya, kami tidak akan melepas begitu saja para pegawai ini. Akan selalu ada proses transparan yang dikendalikan dan diawasi secara ketat,” paparnya.

Emil mengungkapkan kebanggaan akan capaian Jatim. Menurutnya, hal ini bisa menjadi suatu motivasi dalam peningkatan mutu pemerintahan. “Tentu kami berharap penghargaan ini akan menjadi motivasi dalam transformasi tata kelola pemerintahan yang saat ini telah kita lakukan melalui penyempurnaan terhadap talent pool, rencana suksesi, dan telah memiliki kebijakan pola karir instansi juga penyederhanaan organisasi,” tutupnya.

Sementara itu, Wapres RI Ma’ruf Amin mengatakan, acara ini menjadi bukti konsistensi penegakkan atas pengawasan meritokrasi di instansi pemerintah sesuai amanat UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Ia mendorong optimalisasi penerapan sistem merit yang membutuhkan langkah strategis. “Kembangkan dan perkuat implementasi manajemen talenta dalam manajemen ASN. Hal ini penting untuk mempersiapkan kader penerus dengan talenta terbaik yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik,” jelasnya via zoom.

Untuk diketahui, Anugerah Meritokrasi 2021 ini menetapkan 45 instansi peroleh kategori pelaksanaan sistem merit sangat baik dan 77 instansi dengan predikat baik.

Tak hanya itu, pada 2024 mendatang, KASN menargetkan 100 persen Kementerian/Lembaga, 85 persen Pemprov, dan 30 persen Kabupaten/Kota mendapatkan kategori minimal baik dalam penerapan sistem merit.  (bro)