Irjen Kemenkum HAM Apresiasi Si Temon, Inovasi Lapas Kelas II A Sidoarjo

Reporter : Satria Nugraha - klikjatim.com

Irjen Kemenkum Ham Razilu (kiri) saat meninjau Lapas Kelas II A Sidoarjo.

KLIKJATIM.Com I Sidoarjo – Irjen Kementerian Hukum dan Ham, Razilu, mengapresiasi inovasi yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Sidoarjo. Hal tersebut disampaikan Razilu saat mengunjungi Lapas yang di barat alun-alun Kota Delta tersebut, Jumat (14/1/2022).

Inovasi tersebut meliputi layanan penitipan barang drive thru, video call keluarga Si Temon (temu online), ruang layanan terpadu satu pintu, Si Pentol (layanan terpadu online), Si Vicall (layanan video call warga binaan) dan sarana asimilasi dan edukasi kolam ikan.

“Nama-nama jenis inovasinya cukup antik menurut saya. Begitu masuk tatapan saya tertuju pada kata Si Temon. Eh ternyata layanan temu online,” tutur Razilu diiringi tawa. Menurutnya, saat ini Menteri Hukum dan HAM mendorong semua Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia untuk membagun zona integritas secara bertahap. “Dari yang belum segera mendapatkan WBK, dan yang sudah WBK segera mendapatkan WBBM dan mempertahankannya. Dan salah satu kunci membangun zona integritas adalah inovasi,” jelasnya.

Setelah meninjau beberapa sudut layanan, Razilu menilai Lapas Sidoarjo sudah dalam track yang benar untuk membina para warga binaan. Sedangkan menanggapi kondisi Lapas yang over kapasitas ia menerangkan bahwa kondisi tersebut sudah lama terjadi. “Antara warga binaan yang masuk dan keluar tidak seimbang. Saat ini mayoritas penghuni lapas dan rutan sebagian besar adalah pengguna narkoba,” terangnya. Pak menteri, lanjut Razilu, mendorong UU Narkotika direvisi sehingga mereka yang terjerat narkoba khususnya pemakai agar direhabilitasi dan tidak masuk ke dalam Lapas.

Sementara itu, Kalapas Kelas II A Sidoarjo Teguh Pamuji mengatakan, bahwa inovasi-inoasi dilakukan salah satunya agar virus omicron tidak masuk ke dalam lingkungan Lapas. “Dalam penitipan barang kita menyediakan layanan drive thru. Kemudian untuk menghindari tatap muka langsung ada layanan temu online. Sehingga keluarga warga binaan bisa telpon dari luar yag kami sediakan,” ucapnya. Pihaknya juga menyediakan layanan video call bagi para warga binaan untuk menghubungi keluarganya. (bro)