Investasi Pembangunan Kilang Minyak di Tuban Rp 230 Triliun

Reporter : Muhammad Khoirur Rosyid - klikjatim.com

Anggota DPRD Jatim, Budiono. (Tri Wahyudi/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Surabaya–Pemprov Jatim berencana membangun kilang minyak baru gress root refinery (GRR) di Kabupaten Tuban. Investasinya diperkirakan mencapai Rp 230 triliun yang akan dikerjakan dengan PT Pertamina dan Rosneft perusahaan asal Rusia.

Memorandum of understanding (MoU) memang belum terlaksana hingga saat ini. Namun lahan sekitar 936 hektar telah tersedia. Rinciannya, 348 hektare milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), 109 hektar milik Perhutani, 314 hektar milik warga, dan 165 hektare reklamasi.

BACA JUGA :  Pasien Covid-19 di Malang Melonjak, Pemkot Bangun Sentra ICU

Anggota DPRD Jatim, Budiono mendorong rencana pembangunan kilang minyak itu segera direalisasikan. Sebab, kilang minyak yang rencananya mampu menampung 300 barel minyak itu sangat dibutuhkan masyarakat.

“Selain dari sisi bisnis akan memberikan nilai lebih bagi pengusaha khusunya investor, disisi masyarakat akan memberikan dampak ekonomi yang akan timbul nantinya dikawasan pembangunan kilang tersebut,” jelasnya di Surabaya, Jumat (4/10/2019).

BACA JUGA :  Curi HP di Apotek, Residivis Asal Gedangan Ini Kembali Meringkuk di Penjara

Dijelaskan oleh pria asal Bojonegoro ini, keberadaan kilang minyak tersebut perlu segera direalisasikan. Selain untuk memberikan kepastian pada investasi yang masuk, juga akan memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar khususnya terhadap penyerapan tenaga kerja.

“Keberadaan kilang minyak tersebut jelas akan memberikan keuntungan terhadap penyerapan tenaga kerja, khususnya untuk masyarakat sekitar. Dan ini juga akan memberikan dampak positif kepastian bagi investasi yang masuk,” kata politisi Partai Gerindra itu. (tri/mkr)