Inapro Expo 2021 Dibuka, Khofifah : Ekonomi Jatim Terbesar Kedua Setelah DKI

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut Triwulan III/2021 kontribusi ekonomi Jatim terhadap nasional mencapai 14,54 persen

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Perekonomian Jatim terus mengalami peningkatan. Saat ini saja, ekonomi Jatim menjadi yang terbesar kedua setelah DKI Jakarta. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pada triwulan III/2021 kontribusi ekonomi Jatim terhadap nasional mencapai 14,54 persen.

BACA JUGA :  Viral, Aksi Kekerasan Ibu Terhadap Anak Kandung di Gresik

Sedangkan kontribusi Jatim terhadap ekonomi Jawa mencapai 25,33 persen. Hanya saja, posisi ekspor luar negeri mengalami defisit. Karena itu, maka diperlukan upaya untuk meningkatkannya.

“Saya sangat berterima kasih karena Kadin telah menyiapkan tutor, asesor yang bersertifikat. Dan apa yang coba kita lakukan dengan berbagai ikhtiar dari lokal produk ke global market menjadi suatu harapan baru. Strong partnership harus terus diperkuat,” ujar Khofifah saat membuka pameran produk dalam negeri Inapro 2021 Kadin Jatim di Grand City Surabaya, Kamis (25/11/2021).

Jatim sendiri, kata dia, terus berupaya meningkatkan sektor perdagangan dengan melakukan misi dagang di berbagai provinsi untuk meningkatkan perekonomian di Jatim. “Kita ada 25 kantor perwakilan dagang, kita melakukan misi dagang dan investasi keliling dari provinsi ke provinsi,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pameran Inapro 2021 digelar dalam rangka pemulihan ekonomi nasional serta mengakselerasi dan pendampingan produk export non-migas di wilayah Indonesia bagian timur. Rencananya, pameran akan berlangsung selama 4 hari yaitu 25-28 November 2021.

Inapro Expo sendiri diikuti kurang lebih 100 stand yang terdiri dari OPD Pemprov Jatim dan kabupaten/kota seluruh Jatim, BUMN/BUMD, Asosiasi, Pelaku usaha, dan masih banyak lainnya. (rtn)