Main Imbang, Persebaya Lolos 8 Besar, Persela Wajib Menang Lawan Persik Kediri Bila Ingin Lolos

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Dua pemain Persela saat berjibaku mengapit pemain Persebaya dalam laga Piala Menpora Sabtu sore di Stadion Jalak Harupat yang berakhir imbang
Di babak pertama, Persela sudah harus mengganti dua pemain lantaran cedera. Saat pertandingan baru berjalan tiga menit Persela harus kehilangan Riyanto Abiyoso akibat cedera cukup serius setelah berbenturan dengan rekan setimnya, Eky Taufik saat ingin merebut bola di udara.
Lag di babak pertama cenderung landai lantaran kedua tim tempo permainannya sedang. Namun sejumlah peluang tercipta. Seperti peluang didapat Persela usai Melvin Lorenzen dilanggar tipis diluar kotak penalti Persebaya pada menit ke-26. Namun tendangan bebas gagal dimanfaatkan pemain Persela untuk mencetak gol.
Di menit-37 Kiper Persela Dwi Kustanto berhasil mengamankan gawangnya dari tembakan yang dilepaskan pemain persebaya, dua menit berselang peluang kembali divuat Persebaya lewat Muhammad Supriadi. Sayang, bola tendangan Supriadi mampu diselamatkan Dwi Kuswanto.
Kemudian giliran Persela yang mendapat peluang melalui sepakan pojok yang diambil Birrul Walidain pada menit-45. Namun bola dihalau Rachmat Irianto.
Pada babak kedua, Persebaya melakukan tiga rotasi sekaligus untuk menambah daya gedor.
Tercatat pelatih Aji Santoso memasukkan Rendi Irwan, Fernando, dan Ricky Kambuaya menggantikan Supriadi, Kemaludin dan Hambali Tholib.
Hasilnya, serangan bertubi-tubi diciptakan Samsul Arif dkk untuk membobol pertahanan Persela.
Memasuki akhir pertandingan, menjadi kebangkitan Persela untuk bermain lebih terbuka dan menciptakan sejumlah peluang.
Namun tampaknya para pemain Persela mulai kelelehan mengingat padatnya jadwal pertandingan. kedua tim justru bermain dengan tempo lambat dan cendurung memilih menanti bola. Skor 0-0 tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan.
Dengan hasil ini, persebaya dipastikan lolos ke babak 8 besar alias perempat final. Satu tiket lagi akan direbutkan PSS Sleman, Persela Lamongan, dan Persik Kediri. Dan untuk menjaga peluang lolos, Persela wajib menang saat menghadapi Persik Kediri.
Pelatih Persela Didik Ludianto mengaku hasil imbang lawan Persebaya ini di luar skenarionya lantaran pada babak pertama terpaksa harus mengganti dua pemainnya karena cedera.
“Itu di luar skenario. Babak pertama sudah harus melakukan dua pergantian pemain. Itulah sepak bola. Awalnya kami mau pergantian di babak kedua supaya rotasi, tapi terpaksa dilakukan di babak pertama,” turur Didik.
Meski begitu, Didik tetap mengapresiasi perjuangan pasukannya selama bertanding dengan maksimal. Bahkan, pada babak kedua, ada beberapa peluang, sayang belum bisa dikonversi menjadi gol. Dengan tambahan satu poin, Persela Lamongan masih tertahan di posisi keempat klasemen.
“peluang kami lolos masih ada, walaupun tipis, organisasi permainan kami sudah meningkat, cuma masalahnya tidak mencetak gol. Kami keboboblan satu, dan memasukkan satu. Itu rekor Persela. Tapi ini masih pramusim. Ke depan kami akan perbaiki dengan memaksimalkan sisa waktu yang ada,” tandasnya. (bro)