Ikuti Vocational Video Challenge 2021 Tingkat Nasional, MPM Honda Jatim Kirim 4 Perwakilan

Reporter : Koinul Mistono - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Dalam Vocational Video Challenge 2021 tercatat sebanyak 689 siswa yang turut membuat konten video menarik. Tentu isinya tentang apa yang mereka pelajari dari kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

BACA JUGA :  DPW PKB Jatim Serahkan Bantuan Uang Rp 500 Juta untuk Pembangunan NU Centre

Kemudian dari 689 siswa ini terpilih 40 video terbaik, yang lanjut ke tahap seleksi tingkat nasional pada 12–15 Oktober 2021.

Perlu diketahui pada ajang kompetisi ini, PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT juga mengirimkan 4 siswa peserta. Sebelum lolos ke tingkat nasional, peserta yang merupakan siswa dari SMK binaan MPM Honda harus bersaing dengan 86 peserta dari Jawa Timur.

Empat peserta perwakilan MPM Honda Jatim tersebut yakni Ersa Dwi Sevyana Pranoto asal SMK Al Huda Kediri, Tania Rahma asal SMKN 1 Badegan Ponorogo, Anang Witco Putra Ramadhani asal SMK PGRI 1 Surabaya dan Amalia Arlita Sari asal SMKN 1 Slahung Ponorogo.

“Meskipun pandemi dan harus belajar secara daring, siswa SMK tetap semangat menghasilkan kreativitas mengenai materi belajar yang menarik dan menyenangkan. Semoga hasil karya siswa ini dapat bermanfaat, tidak hanya untuk peserta tapi bagi seluruh anak vokasi yang ingin belajar teknik dan bisnis sepeda motor melalui video ini,“ kata HR & GA Division Head MPM Honda Jatim, Hatmarto.

Sekedar informasi bahwa hingga saat ini, MPM Honda Jatim telah memiliki 96 SMK binaan Astra Honda yag tersebar di wilayah Jatim. Selain itu, terdapat 6 tempat uji kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK binaan Astra Honda yang ingin melakukan sertifikasi kompetensi.

Siswa dari SMK mitra binaan MPM Honda Jatim juga mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teori, praktik, dan praktik kerja industri (Prakerin) langsung dari jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Vocational Video Challenge 2021 adalah ajang adu kreativitas bagi siswa SMK, dalam mengemas pemahaman materi ajar dalam sebuah video pendek yang diadakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Bersama dengan jaringan dealer Honda, kegiatan ini dilaksanakan secara online dan dengan besar skala nasional.

Adapun sebelum tingkat nasional, ada tingkat regional yang telah dilaksanakan pada 1- 30 September 2021. Kemudian dilanjut dengan seleksi nasional pada 12–15 Oktober 2021.

Pada ajang ini ada 3 tema yang bisa dipilih. Salah satunya adalah Pemeriksaan Tekanan Bahan Bakar dan Reset ECM, Penyetelan Renggang Valve dan Penggantian V-Belt dan Roler, dengan durasi maksimal video 10 menit.

Dalam hal ini unsur penilaian akan berfokus pada originalitas video, kualitas video, kesesuaian konten video dengan tema dan juga cara menyampaikan materi.

Selain menjadi ajang adu kreativitas siswa dan siswi SMK, kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa/siswi SMK terhadap materi yang dipelajari selama masa pandemi ini.

Untuk dapat ditonton dan dipelajari generasi vokasi di berbagai daerah, video belajar siswa SMK diunggah di media sosial youtube masing-masing sekolah dengan tagar #VVC2021. Pemenangnya akan dipilih dari 3 terbaik dan akan mendapatkan hadiah juara 1 sebesar Rp5 juta, juara 2 sebesar Rp4 juta, juara 3 sebesar Rp3 juta.

Tidak sebatas itu. Namun juga ada hadiah untuk video dengan perolehan like terbanyak, yaitu hadiah sebesar Rp2 juta. (*)