Ikuti Isbat Nikah, 450 Pasangan Suami Istri di Jember Telah Sah Secara Hukum Negara

Reporter : Abdus Syukur - klikjatim.com

Bupati Jember Hendy Siswanto saat mengikuti itsbat nikah di Kantor PA Jember

KLIKJATIM.Com | Jember – Bupati Jember Hendy Siswanto menghadiri isbat nikah yang dilaksanakan di Kantor Pengadilan Agama Jember, Rabu (28/07/2021). Isbat Nikah kali ini diikuti oleh 450 pasangan suami istri untuk disahkan secara hukum negara.

BACA JUGA :  7.000 Warga Tulungagung Ditarget Tervaksin Dosis Kedua dalam 10 Hari

“Saya terus terang ini baru pertama mengikuti isbat nikah, sungguh saya sangat kagum dengan pelayanan ini. 450 orang betul-betul dilayani dengan cepat dan mudah,” ungkap Bupati Jember Hendy Siswanto.

Isbat nikah merupakan proses untuk melegalkan secara hukum negara bagi pasangan suami istri yang sebelumnya menikah secara siri atau hanya sah secara hukum agama.

Bupati Hendy menyampaikan, pernikahan yang sah menurut hukum agama dan negara, memberikan perlindungan hak serta kepastian hukum bagi para pihak, khususnya pihak istri dan anak yang dilahirkan dari pernikahan tersebut, misalnya untuk pembagian warisan, mengurus akta kelahiran anak, antisipasi jika terjadi perceraian, dan lain sebagainya.

“Sebaliknya, perkawinan yang belum atau tidak dicatat sesuai peraturan perundang-undangan akan merugikan pihak suami, istri, anak, bahkan pihak lainnya,” sambung Bupati Hendy.

Dia meminta para pasangan suami istri yang saat ini telah mengikuti isbat nikah untuk membantu pemerintah dalam menginformasikan kepada sanak saudara, tetangga di rumah masing-masing, apabila ada pasangan suami istri belum sah secara negara, agar diarahkan mengikuti isbat nikah dengan mendaftarkan diri ke pengadilan agama.

“Saya minta tolong informasikan kepada masyarakat lainnya yang belum sah secara negara untuk ikut isbat nikah, minta dampingi ke kades dan lurah masing-masing,” pungkasnya. (ris)