Ibadah Umroh Dibuka, Kemenag Gresik: Tunggu Keputusan Pusat

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Gresik – Ibadah umroh di Indonesia sudah ada jabar gembira terkait ijin  berangkat umroh. Negara Arab Saudi memberikan  lampu hijau kepada negara Indonesia. Yang sebelumnya Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) melakukan pertemuan dengan pihak Duta Besar (Dubes) negara petro dollar itu untuk membahas pelaksanaan ibadah umroh jamaah indonesia dimasa pandemi Covid-19 ini.

Bagaimana di Kabupaten Gresik? Kepala Kemenag Gresik, Markus mengatakan angin segar dirasakan umat islam. Pihaknya menyambut baik kabar tersebut, namun masih menunggu keputusan dari Kemenag RI untuk pelaksanaan umroh di masa pandemi Covid-19.

“Iya kemarin ada dari Kementerian agama RI sudah melakukan pertemuan dengan Dubes tentang ibadah umroh. Tentunya, kabar ini sangat baik untuk kita semua yang akan melakukan ibadah umroh,” ungkap  Markus di kantor Kemenag Gresik Jalan Jaksa Agung Suprapto.

Dijelaskan,  untuk pelaksanaannya saat ini masih menunggu pernyataan dari Kementerian Luar negeri. Terkait pelaksanaannya nantinya seperti apa di masa pandemi Covid-19.

“Ya, mudah – mudahan ini kabar baik, ini sangat kita tunggu sehingga umroh bisa terselenggara. Kabar gembira juga buat umat islam di Kabupaten Gresik dan khususnya di Indonesia bisa melaksanakan ibadah umrah,” ujarnya, Senin (11/10/2021).

Markus menambahkan jika Kemenag Gresik untuk pelaksanaan umroh, kemenag hanya sebagai pihak yang hanya merekomendasi pembuatan paspor. Untuk teknis pelaksanaan dan berapa serta jumlah jamaah umrah ada di pihak travel umroh.

“Di sini pihak Kemenag Gresik hanya membuat rekomendasi pembuatan paspor saja. Teknis dan jumlah jamaah umroh ada di pihak travel,” terangnya.

Sementara itu, Direktur PT. Mutiara Express Indonusantara  travel perjalanan haji dan umroh Gresik, Abdullah Syafi’i  merespon positif tentang informasi dari Kemenag atas dibukanya kembali untuk ibadah umroh bagi jemaah umroh di Indonesia ke tanah suci.

“Kami bersyukur tentang ibadah umroh yang akan dibuka kembali oleh pemerintah Arab Saudi. Dan berharap selain ada penambahan kuota umroh untuk jamaah dari Indonesia,” jelasnya.

Ia menyebut, jumlah Jamaah yang sudah mendaftar di travelnya, saat ini sudah ada 180 jamaah umroh tinggal  menunggu berangkat ketanah suci.

“Ada 180 jamaah umroh dan Kami berharap untuk ibadah umroh bisa dilaksanakan segera mungkin, diberangkatkan dalam tahun ini,” tambah Syafii. (bro)