Hujan Hampir Seharian di Bawean, Satu Rumah Disapu Angin Puting Beliung

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Kondisi rumah warga di Dusun Guntung, Desa Sidogedungbatu, Pulau Bawean. (Faiz/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Hujan deras juga mengguyur wilayah Bawean, yang merupakan pulau terluar Kabupaten Gresik, Sabtu (11/9/2021). Intensitas hujan yang berlangsung hampir seharian sejak pukul 11.39 WIB tersebut pun membuat rumah warga setempat rusak karena disapu angin puting beliung. Tepatnya rumah milik Ainiyah, warga Dusun Guntung, Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura.

BACA JUGA :  Soal Limbah B3 Dibuang Sembarangan di Kedamean Gresik, Begini Keterangan Saksi kepada Polisi

Kata Ainiyah, sebelum kejadian dirinya bersama suami dan anaknya sedang makan. Akibat insiden ini atap rumahnya runtuh dan isi rumah berantakan.

“Ya Allah takutnya, nanti anak dan suami saya kejatuhan genteng. Waktu itu saya hampir pingsan ketakutan. Dan alhamdulillah, akhirnya saya selamat. Tapi sekarang saya sudah tidak punya rumah lagi untuk bisa dihuni bersama keluarga. Numpang kepada orang tua untuk sementara,” ucapnya dengan mata berkaca-kaca, Minggu (12/9/2021).

Atas kejadian tersebut, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodakah (LAZISNU) Bawean datang untuk memberikan santunan. Korban Ainiyah pun mengucapkan terimakasih kepada Ketua dan Pengurus LAZISNU. “Semoga rezekinya bertambah dan panjang umur,” harap Ainiyah yang akrab disapa Ibu Nik-nik tersebut.

Ketua Lazisnu Bawean, ustad Ilyas mengaku prihatin melihat kondisi rumah Ainiyah yang rusak karena diterjang angin puting beliung. “Melihat kondisi rumah yang sangat memprihatinkan. Keadaan rumah yang masih bercampur jadi satu antara kamar tidur, ruang tamu dan dapur tanpa sekat ini, membuat PC Lazisnu berkeinginan untuk menyalurkan bantuan kepada keluarga terdampak. Bahkan rencananya akan membantu rumah Ibu Ainiyah ini sampai layak huni,” ungkapnya.

Terpisah, ustad Syarifuddin selaku Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Bawean (PCNU) Bawean sekaligus mewakili warga Dusun Guntung ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pihak yang sudah ikut peduli. Utamanya para pengurus Lazisnu Bawean.

“Khususnya kepada ustad Ilyas sebagai ketua, yang telah merespon dengan cepat dan tanggap, bahkan langsung meninjau ke lokasi kejadian korban bencana yang diakibatkan angin puting beliung ini,” katanya.

Dia mengapresiasi peran Lazisnu, yang tetap menjadi garda terdepan dalam membangun kepedulian dan solidaritas kepada masyarakat. Khususnya warga nahdliyin yang mengalami musibah atau tidak mampu.

“Selain itu, agar masyarakat lebih percaya kepada Lazisnu yang selama ini telah membuktikan kiprahnya saat perannya dibutuhkan,” pungkasnya. (nul)