HPN 2021, PWI Bojonegoro Santuni Keluarga Almarhum Mantan Wartawan

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

Penyerahan santunan oleh PWI Bojonegoro kepada keluarga almarhum mantan wartawan di daerah setempat. (Afif/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Bojonegoro – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bojonegoro menggelar bakti sosial (baksos) dengan memberikan santunan kepada para keluarga almarhum mantan wartawan di beberapa tempat di Bojonegoro. Serangkaian kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian serta menjalin silaturahmi dengan kepada keluarga korban.

BACA JUGA :  Gudang Garam Kembali Suntikkan Modal Rp 1 Triliun Untuk Pembangunan Bandara Kediri

“Bakti sosial ini sengaja kami berikan di HPN untuk keluarga wartawan yang sudah meninggal,” kata Ketua PWI Bojonegoro, Yazid pada Selasa (9/2/2021).

Dikatakan, baksos ini sebagai bentuk simpati dari para anggota PWI untuk bergerak bersamaan dengan momentum HPN 2021. “Semoga dengan adanya sedikit bantuan bisa bermanfaat dan yang penting silaturahmi tetap terjaga,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini tidak hanya baksos saja, tapi juga ada tanam pohon yang dilakukan bersama Forkopimda Bojonegoro, lomba esai dan acara puncak di Hari Pers Nasional. “Nanti kita mengundang beberapa saja, karena masih dalam masa pandemi, jadi kita kurangi masa dan tetap melakukan protokol kesehatan,” tandasnya.

Selanjutnya pesan dalam momen HPN ini, lanjut Ketua PWI Bojonegoro, peranan pers dalam pembangunan dan demokrasi menjadi salah satu pilar penting. Sebagai wartawan harus berpegang teguh pada kode etik dan Undang-undang pers.

“Peningkatan kualitas dan kapasitas wartawan harus terus dilakukan, apalagi keberadaan sosial media dan perkembangan teknologi harus diimbangi para wartawan,” ujarnya.

Yazid menambahkan, dengan adanya pandemi Covid-19 seluruh sektor mengalami dampak, termasuk perusahaan pers. Namun tugas dan fungsi wartawan harus tetap dipertahankan dengan menyajikan produk pers yang sehat dan berimbang.

Momentum HPN ini menjadi pengingat sekaligus penyemangat peranan pers dalam membangkit perekonomian dan yang lainnya. Hal tersebut tercermin sesuai tema HPN 2021 ‘Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan’.

“Diharapkan Pers bisa bergandengan tangan dengan semuanya untuk mengawali kebangkitan dan kekuatan untuk keluar dari pandemi Covid-19,” pungkasnya. (nul)