Hotel dan Restoran di Pasuruan Bakal Terima Hibah, Ini syaratnya

Reporter : Didik Nurhadi - klikjatim.com

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan. didik/klikjatim.com
KLIKJATIM.Com I Pasuruan –   Kabupatan Pasuruan menerima dana hibah Rp 10,036 miliar  dari kementerian keuangan. Hibah ini diperuntukkan bagi sektor pariwisata yang terimbas covid-19.  Penerimanya adalah pelaku usaha hotel dan restoran yang taat pajak.     
BACA JUGA :  Soal Kasus Dana CSR Desa Pandaean Pasuruan, Begini Kata Dewan dan Inspektorat
 
Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan,  Sudiono Fauzan mengatakan, dana hibah yang didapat Pemkab Pasuruan merupakan berkah yang harus kita syukuri. Melihat kondisi ekonomi di sektor pariwisata lesuh karena covid-19. “Alhamdulilah dengan bantuan hibah tersebut bisa meringankan beban para pelaku usaha khususnya di sektor pariwisata,” kata Sudiono Fauzan, Rabu (11/11/2020).
Dana hibah ini diterima oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan. Peruntukannya 70 persen untuk pelaku usaha seperti hotel dan restoran dan 30 persen digunakan penunjang pariwisata.  “Semoga Pemkab segera menggulirkan bantuan tersebut  utamanya bagi mereka (pelaku usaha) yang taat membayar retribusi pajak,” katanya.
Terpisah, Plt  Kepala  Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, Soeharto membenarkan penerimaan dana hibah pariwisata  untuk Pemkab Pasuruan. Dikatakan dia, dana hibah diterima pada 12  oktober kemarin. “Tak hanya Pemkab Pasuruan saja yang menerima bantuan hibah. Ada Propinsi dan daerah lain yang juga mendapatkan bantuan ini,” terangnya. 
Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke hotel dan lestoran di wilayah Kabupaten Pasuruan. Teknis pemberian bantuan, rencananya akan diberikan kepada para pelaku usaha wisata secara profesional. “Bagi pelaku usaha yang akan menerima bantuan hibah ini dititik beratkan mereka yang taat bayar retribusi dan pajak disektor wisata,” pungkasnya. (rtn)