Hindari Kerumunan, Pemkot Pasuruan Gelar Pasar Online

Reporter : Didik Nurhadi - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Pasuruan – Untuk menghindari kerumunan saat berbelanja di pasar, Pemkot Pasuruan akan memberlakukan pelayanan pelanggan pasar secara online. Pemberlakuan ini akan diterapkan di 4 pasar yang dikelola oleh Pemkot Pasuruan.

BACA JUGA :  Agropolis Wonosalam, Jadi Pilihan Destinasi Agrowisata

“Kebijakan ini salah satu tujuannya untuk meminimalisir terjadinya kerumunan. Mekanismenya, semua pelanggan akan dilayani oleh kurir yang sudah disiapkan. Pelanggan tinggal mengontak nomor telepon yang sudah dicantumkan atau langsung mengontak pedagang yang bersangkutan,” kata Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan, Senaidi.

Dikatakan, nantinya petugas pasar yang membelanjakan pesanannya pelanggan. Hal senada disampaikan Plt Kepala UPTD Pasar Kota Pasuruan, Ridho Wijaya. Menurutnya, saat ini ada 4 pasar yang sudah diberlakukan kebijakan ini. Masing-masing Pasar Kebonagung, Pasar Besar, Pasar Karangketug, dan Pasar Gadingrejo.

Pasar Kebonagung, Pasar Besar, dan Pasar Karangketug dapat melayani jam 7.00 WIB sampai jam 12.00 WIB. Sementara Pasar Gadingrejo melayani jam 16.00 WIB sampai jam 00.00 WIB. “Kebutuhan bahan pokok seperti beras, daging, ikan, sayuran, mie instan, kami layani,” kata Ridho.

BACA JUGA :  DPRD Jatim Minta Ketersediaan Pangan Dijaga

Untuk jangkauan, Ridho melanjutkan, pelayanan prioritas di seputaran Kota Pasuruan. Kalaupun ada konsumen dari dari Kabupaten Pasuruan, masih dipertimbangkan selama tidak terlalu jauh, seperti Kecamatan Kraton atau Rejoso.

Ongkos kirim yang harus dikeluarkan pembeli adalah sejumlah Rp5 ribu – Rp7 ribu untuk seputaran Kota Pasuruan. Pihaknya saat ini menempatkan 8 personel untuk melayani pembeli secara online ini, mulai dari kurir, admin, dan yang bertugas belanja. (hen)