Herd Immunity 70 Persen di Jatim Masih Jatuh dari Target

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Ketua Rumpun Vaksin Satgas Penanganan Covid-19 Jatim dr Herlin Ferliana.

KLIKJATIM.Com | Surabaya—Pemprov Jatim menargetkan minimal 70 persen warganya mendapat jatah vaksin agar bisa membentuk herd immunity di Jatim. Namun, capaian vaksinasi di Jatim terbilang masih jauh dari target yang ditentukan, yakni sebanyak 31.826.206 orang yang harus divaksin.

[irp]

Bahkan saat ini, Provinsi Jatim juga tengah kekurangan stok vaksin dosis kedua. Banyak dari warga Jatim yang telah jatuh tempo untuk menerima vaksinasi dosis kedua.

Keterlambatan vaksinasi dosis kedua ini, diklaim karena pasokan vaksin yang dikirim oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) jumlahnya jauh lebih kecil daripada kebutuhan.

“Vaksin ini hanya bisa didapat dari Kemenkes. Maka kami terus koordinasi dengan Kemenkes, untuk terus dikirim vaksin terutama untuk pemenuhan dosis kedua,” ujar Ketua Rumpun Vaksin Satgas Penanganan Covid-19 Jatim dr Herlin Ferliana saat dihubungi, Rabu (4/8/2021).

Herlin pun mengimbau, agar Dinas Kesehatan (Dinkes) di kabupaten/kota di Jatim memprioritaskan sasaran dosis kedua. Kata dia, tiap mendapatkan distribusi vaksin dari pusat, pihaknya langsung menyalurkan pasokan tersebut ke daerah.

“Untuk sasaran dosis pertama bersabar menunggu vaksin berikutnya. Insyaallah bulan Agustus ini datang lebih banyak,” jelas dia.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebelumnya mengatakan bahwa sekitar 4,2 juta warganya telah jatuh tempo untuk menerima vaksinasi dosis kedua. Sementara pasokan vaksin di sejumlah daerah di Jatim telah habis.(mkr)