Haul Habib Abu Bakar Assegaf Gresik Diprediksi Dihadiri Ratusan Ribu Jamaah, Berikut Titik Jalan yang Dialihkan dan Titik Parkir

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Titik parkir yang disiapkan Dishub Gresik (Dok/Dishub)

KLIKJATIM.Com | Gresik – Haul Habib Abu Bakar Bin Muhammad Bin Umar Assegaf yang ke-69 akan berlangsung mulai Minggu 23 Juni 2024 besok. Haul tahunan tersebut biasanya dihadiri puluhan ribu bahkan ratusan ribu jamaah yang akan datang ke lokasi haul di Kabupaten Gresik.

Sejumlah persiapan telah dilakukan, termasuk beberapa titik jalan akan dialihkan atau ditutup mulai Minggu hingga Senin 23 – 25 Juni 2024.

Dari pengumuman yang diumumkan panitia penyelenggara, ada enam titik ruas jalan yang ditutup. Diantaranya, Ruas Jalan KH Zubair, Ruas Jalan Harun Thohir, Ruas Jalan Kramat Langon, Ruas Jalan Malik Ibrahim, Ruas Jalan Agus Salim, dan Ruas Jalan Wachid Hasyim Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.

“Pemberlakuan ruas jalan yang ditutup dimulai pukul 00.00 pada tanggal 23-24 Juni 2024,” tutur Kepala Desa Gapurosukolilo Hasan Hasyim Al Habsyi. 

Menurut dia, gelaran Haul seperti tahun-tahun sebelumnya. Dengan melibatkan beberapa stekholder. Mulai dari Instansi Pemerintah Daerah, Ormas, dan warga sekitar.

Denah pengalihan arus/rekayasa lalu lintas (Dok/Dishub Gresik)

Baca juga: Sejumlah Venue di Kabupaten Gresik disiapkan Untuk Menyambut Tamu Haul Habib Abu Bakar Assegaf

“Ini sudah masuk agenda tahunan di Kabupaten Gresik. Mungkin yang membedakan di tahun ini, tidak ada tempat untuk jamaah perempuan. Jamaah perempuan bisa mengikuti live streaming yang sudah disediakan,” papar pria yang juga panitia Haul, Sabtu 22 Juni 2024.

Ketua Panitia Haul Haul Wali Qutub Al Habib Abu Bakar Bin Muhammad Bin Umar Assegaf, Habib Ali Bin Abu Bakar Assegaf menambahkan, perkiraan jamaah yang hadir kurang lebih 100 ribu jamaah.

“Prediksi jamaah yang hadir, kurang lebih 100 ribu,” tuturnya.

Sementara itu Dinas Perhubungan Pemkab Gresik juga telah menyiapkan sejumlah titik parkir, baik khusus kendaraan roda dua maupun roda empat atau pun lebih. Total ada 27 titik parkiran yang disiapkan (selengkapnya bisa dilihat di gambar). Dinas Perhubungan Pemkab Gresik akan melakukan pengawalan langsung dalam rekayasa lalu lintas dan titik parkir demi kelancaran acara haul. (qom)