Hasil Tangkapan Nelayan Turun, Harga Ikan Laut di TPI Brondong Lamongan Naik

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Lamongan—Harga ikan laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong, Lamongan mengalami kenaikan. Di antara sebab kenaikan itu hasil tangkapan nelayan mengalami penurunan.

BACA JUGA :  Songsong Bulan Muharram, Anas Karno Bersama Kader Beri Santunan Yatim Piatu

“Berdasarkan data yang kami himpun, pada periode bulan maret tonase (kg) mencapai 5.047.691 dengan harga rata-rata 23.599, sedangkan pada periode bulan April atau saat puasa, tonase (kg) di angka 4.235.898 dengan harga rata-rata 30.366,” tutur Kepala UPT TPI Brondong, Bambang Tri S, Kamis (22/4/2021).

Dikatakan Bambang, meski di bulan Ramadan tak berpengaruh siginfikan terhadap harga ikan laut. Naik turunnya harga ikan laut dipengaruhi oleh jumlah tangkap nelayan. Jika jumlah tangkapan meurun, kata Bambang, harga akan naik. Namun, jika jumlah tangkapan melimpah otomatis harga juga akan turun.

“Biasanya ikan-ikan dari TPI brondong ini dikirim ke berbagai pasar, diantaranya ada yang ke pasar Surabaya, Jakarta, Bandung, dan lain-lain. Ada juga yang dikirim ke 5 perusahaan Luar Negeri, tapi hanya untuk beberapa ikan khusus saja, dan untuk sebagian juga kita distribusikan ke pasar lokal,” paparnya.

Kenaikan harga, lanjut dia, pada bulan Ramadan ini tidak meroket lantaran komoditas ikan sudah mengalami kenaikan harga pada Februari lalu. Harga ikan pun dinilai sudah terlampau tinggi. Oleh karena itu, lonjakan harga tidak akan signifikan lagi kecuali ada kelangkaan jenis ikan tertentu.

Sementara itu, Menurut Tabri (56), seorang pedagang ikan eceran di TPI Brondong, harga ikan kakap merah berada di kisaran harga Rp 70 ribuan per kilogram, ikan tongkol berada di kisaran harga Rp 20 ribuan per kilogram untuk tongkol lorek, kalau walang harganya kisaran Rp 25 ribuan ke atas per kilogram, untuk ikan togek di kisaran harga Rp 20 ribuan per kilogram, serta jenis ikan lainnya yang semuanya hampir mengalami kenaikan, meskipun tidak terlalu signifikan. Tentu, dari semuanya itu tergantung size, permintaan pasar, dan pasokan dari hasil tangkap nelayan.

“Sekitar sudah satu minggu lebih ini mengalami sedikit kenaikan,” ujar Tabri.

Tabri juga berharap, jelang Ramadan permintaan ikan bisa semakin meningkat. Pasalnya, tangkapan nelayan biasanya mulai melimpah, sehingga penjual harus menghabiskan hasil tangkap tersebut agar pada saat lebaran, tidak ada tanggungan stok ikan yang menumpuk. (*)