Hari Ini Presiden Jokowi Tinjau Korban Erupsi Gunung Semeru

Reporter : Koinul Mistono - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Lumajang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Orang nomor 1 di negeri ini tersebut tiba sekitar pukul 10.00 WIB di Helipad Stadion Srikandi, Lumajang, setelah menempuh penerbangan 30 menit dari Bandara Juanda, Sidoarjo, dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU, Selasa (7/12/2021).

[irp]

Kedatangan Kepala Negara ini langsung disambut oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa; Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto; dan Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta. Jokowi beserta pejabat negara lainnya tersebut pun diagendakan meninjau lokasi erupsi Gunung Semeru.

Seperti diketahui, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021). Atas kejadian ini, Presiden Jokowi telah memerintahkan kepada segenap jajarannya untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dalam bencana alam tersebut.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa (7/12/2021) disebutkan bahwa turut menyertai Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Setiba di Lumajang, Joko Widodo mengunjungi pengungsian korban erupsi Semeru. Salah satunya di posko pengungsian di Sumberwuluh.

Dari pantauan di lapangan, Jokowi dan rombongan mendatangi satu per satu tenda pengungsian. Presiden juga berdialog dengan korban pengungsian menggunakan bahasa Jawa.

Setelah itu, Jokowi membagikan nasi kotak berisi ayam goreng. Beberapa warga juga diberi bingkisan. Juga terlihat beberapa amplop yang disalamkan kepada para korban. (*)