Gus Muhdlor-Subandi Diperiksa Bawaslu Sidoarjo 1,5 Jam Terkait Hal Ini

Reporter : Satria Nugraha - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com I Sidoarjo – Setelah Paslon Cabup – Cawabup Sidoarjo nomor urut 1, Bambang Haryo Soekartono – Taufiqulbar dipanggil Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sidoarjo pada Hari Rabu (14/10) lalu. Kini giliran Paslon nomor urut 2, Ahmad Muhdlor Ali – Subandi menjalani pemeriksaan Bawaslu terkait dugaan pelanggaran pemilu, Sabtu (17/10/2020).

BACA JUGA :  Kasatlantas Lamongan Beri Penghargaan Anggota Berprestasi

Gus Muhdlor – Subandi diperiksa perihal video yang viral di berbagai media sosial. Video tersebut berisi kegiatan salawatan yang di dalamnya terdapat  aksi bagi-bagi uang. Calon Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor juga terlihat dalam video tersebut.

Gus Muhdlor dan Subandi tiba di kantor Bawaslu Sidoarjo sekitar jam 11 siang. Pasangan Cabup – Cawabup yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjalani pemeriksaan selama 1,5 jam.

Gus Muhdlor mengatakan dirinya merasa yakin tidak ada unsur pelanggaran dalam video yang viral tersebut. Bahkan dirinya juga sebagai pihak yang menerima uang dalam kejadian itu. “Itu fitnah, jelas sekali saya menerima,” kata Gus Muhdlor, Sabtu (17/10/2020).

Ia menambahkan jika hari itu dirinya memang datang di acara yang digelar di kawasan Kecamatan Candi tersebut.  “Hal tersebut merupakan tradisi seperti yang ada di Makasar maupun Madura yang biasa disebut srokolan,” ujar putra ke – enam pengasuh Pondok Pesantren Bumi Shalawat Gus Ali  ini.

Sementara itu, Bawaslu mengaku masih butuh waktu untuk memastikan, apakah kegiatan seperti dalam rekaman video yang beredar luas itu termasuk pelanggaran pemilu.

“Pemanggilan ini memang dalam rangka meminta keterangan. Tentunya terkait video dugaan money politik yang sempat viral. Namun saat ini kami belum bisa menyimpulkan. Masih perlu melakukan kajian,” jelas Koordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sidoarjo, Agung Nugraha.

Selain memintai keterangan pasangan calon ini, Bawaslu Sidoarjo juga meminta keterangan beberapa pihak termasuk yang membagikan uang dan pihak lain yang hadir di acara tersebut. (bro)