Gus Menteri Letakkan Batu Pertama Pembangunan NU Centre Lamongan, Bakal Jadi Gedung NU Terbesar di Indonesia

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Lamongan—Gedung NU Centre dan Sekretariat GP Ansor Lamongan akan menjadi gedung termegah milik NU di tingkat cabang. Sabtu (5/6/2021) peletakan batu pertama pembangunan gedung tersebut dilakukan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

BACA JUGA :  Hina Kiai Madura, IRT Muda Diamankan Polda Jatim

Gedung tersebut beralamat di utara jalan nasional Babat-Surabaya Desa Plosowahyu, Kecamatan/Kabupaten Lamongan. Gedung tersebut juga merupakan hasil iuran kader NU se-Kabupaten Lamongan dengan luas lahan 3.500 meter persegi. Ditargetkan pembangunan gedung ini selesai dilakukan dalam waktu dua tahun.

Selain Gus Halim, sejumlah pejabat juga hadir. Di antaranya Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Wabup Lamongan KH. Abdul Rouf, Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim Fauzan Fuadi dan Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, Abdul Ghofur.

“Mari kita niatkan pembangunan gedung ini dengan ikhlas berkhidmat kepada NU. Kalau khidmat kepada Nu secara otomatis juga khidmat kepada negara dan bangsa,” kata Gus Halim

Dikatakan Gus Halim, PCNU Lamongan perlu bersama-sama berjuang dan bersinergi dengan Pemkab Lamongan. Menurutnya, tanggungjawab membangun masyarakat merupakan tanggungjawab NU juga. Sehingga, kata dia, NU perlu sinergi dengan pemerintah daerah membangunan misi sosial, kemanusiaan dan keagamaan.

“NU dan pemerintah Lamongan harus bersinergi dan berpihak pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Keduanya memiliki tanggung jawab yang sama besarnya,” kata Gus Halim yang juga Ketua DPW PKB Jatim.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, hadirnya Menteri PDTT akan memberikan dorongan kepada warga Lamongan untuk bangkit menuju kejayaan. Selanjutnya YES juga memberikan ucapan selamat kepada PCNU Lamongan.

“Semoga dengan adanya NU Center akan membawa manfaat, pemikiran, dan spirit baru untuk bersama Pemkab Lamongan mewujudkan menuju kejayaan Lamongan. Pemerintah kabupaten tidak akan tinggal diam, kita akan bantu, tentang besarnya berapa, saya pastikan besarlah nominalnya. Yang penting niat kita sama, membangun Lamongan menuju kejayaan,” kata Bupati YES.

Ketua Panitia Pembangunan Gedung NU Centre, M Mashur mengatakan, gedung NU ini dibangun di atas lahan seluas 3.500 meter persegi. Biaya pembangunan dianggarkan hingga Rp 2,2 miliar. Selain dari iuran kader NU, pembangunan ini juga menerima bantuan dari pemerintah.

“Kami berterimakasih dan bersyurkur Bapak Menteri Desa Gus Halim berkenan hadir dalam peletakan batu pertama, semoga ini menjadi dorongan dan semangat melanjutkan pembangunan dan berkhidmat kepada NU,” kata pria yang juga Ketua PC GP Ansor Lamongan. (*)