Gunakan Ambulan, Limbah Medis Dibuang di TPS Sampah

Reporter : Ratno Dwi Santo - klikjatim.com

Limbah medis ini dibuang sembarangan, yang membuat warga sekitar resah. ist

KLIKJATIM.Com I Jombang – Sembarangan, begitulah yang patut disematkan pada pembuangan limbah medis yang tak pada tempatnya. Maka tak heran bila warga disekitar tempat penampungan sampah (TPS) sementara di Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang resah.

BACA JUGA :  Investasi Pembangunan Kilang Minyak di Tuban Rp 230 Triliun

“Tepatnya kapan lupa, tapi sudah sejak beberapa bulan lalu, kalau buang biasanya malam hari,” kata seoarang pemulung, Abdul Jabar seperti dilansir faktualnews Sabtu (1/8/2020).

Ada beragam limbah medis yang ditemukan di tempat penampungan itu. Ada selang infus, jarum suntik, botol infus, botol obat, kapas bekas, kantung darah hingga sarung tangan plastik.

Jabar mengaku sejak beberapa bulan terakhir dia kerap menemui limbah medis di situ.
Limbah-limbah itu memang sengaja dibuang oleh seseorang yang datang ke tempat itu dengan memakai mobil ambulance.

BACA JUGA :  Pernah Dipasung, Pembacok Istri dan Menantu di Gresik Alami Gangguan Jiwa Sejak Kecil
“Orang-e berambut pendek dan mengenakan mobil yang biasa jemput dan mengantar orang sakit itu loh. Tapi milik rumah sakit, klinik, atau Puskesmas saya gak paham,” imbuh Jabar.

Jabar mengaku ngeri melihat limbah-limbah medis tersebut. Meski mengaku tidak mengetahui soal aturan pembuangan membahayakan, dia mengkhawatirkan kesehatan masyarakat terkait limbah medis yang dibuang sembarangan itu. (rtn)