Gubernur Minta Media Mengedukasi Warga Cegah Covid-19

Reporter : Redaksi - klikjatim

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta media massa yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bergotong royong kembali melakukan edukasi dan sosialiasi secara masif mengenai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

BACA JUGA :  Kawanan Jambret Dibekuk, Tiga Dlosor Didor

“Kalau secara Nasional istilah bersatu melawan Corona, dan di Jatim kami ajak secara bergotong royong untuk melawan dan mencegah virus corona tersebut,” ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat dialog online 100 pemimpin media yang menjadi anggota Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Gedung Negara Grahadi.

Dikatakannya, Pemprov Jatim telah membentuk empat gugus penanganan Covid-19, salah satunya difokuskan pada langkah peningkatan pencegahan atau promotif preventif, dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Tim ini untuk melakukan sosialisasi. Dan saya berharap AMSI harus selalu melakukan edukasi stay home, wajib masker, wajib jaga jarak, cuci tangan. Tugas gugus ini melakukan reedukasi dan resosialisasi,” ucapnya.

Gubernur Khofifah menjelaskan, reedukasi dan resosialisasi perlu dilakukan secara bersama karena penyebaran Covid-19 semakin meluas. “Karena masih banyak yang menganggap setelah tinggal di rumah selama 14 hari sudah beres, padahal makin masif penyebarannya,” ucapnya.

Tidak hanya media, Pemprov Jatim terus mengandeng semua pihak dalam upaya sosialiasasi ini. “Saya ingin mushala, masjid juga menggunakan pengeras suaranya untuk dipakai menyampaikan bahaya covid yang sudah menyebar,” ucapnya.

BACA JUGA :  Temani Musim Hujan, Wings Food Tawarkan Mie Sedaap Cup Rawit Bingit Rasa Ayam Jerit

Pemprov Jatim juga telah mengeluarkan 9 paket kebijakan dalam mendistribusikan bantuan sosial kepada warga yang terdampak covid-19. Termasuk mendistribusikan melalui Pemerintah kabupaten/kota.

Kebijakan itu diambil agar seluruh warga yang terdampak covid-19 ini mendapatkan bantuan sosial. Warga yang tidak terdata agar bisa mengakses radar bansos melalui website resmi Gugus tugas Covis-19 Provinsi Jatim melalui http ://infocovid19.jatimprov.go.id/

Khofifah yang juga Mantan Menteri Sosial ini juga menegaskan pihaknya terus melakukan langkah promotif, preventif termasuk kuratif dan rehabilitatif dalam menangani covid-19. Dialog strategis antara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dengan 100 pemimpin media anggota AMSI se-Indonesia ini mengambil tema “Membangun sinergi hadapi pandemi”.

Selain Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, nara sumber dialog interaktif online ini adalah Wenseslaut Manggut Ketua Umum AMSI Pusat dan Wahyu Dhyatmika, Sekjen AMSI berserta pengurus AMSI Pusat dan daerah. Dialog akan dipandu oleh Arief Rahman, Ketua AMSI Jawa Timur. (hen)