Gubernur Khofifah Sarankan Silaturrahmi Idul Fitri 2020 Dilakukan Secara Virtual

Reporter : Arifin - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Surabaya—Melihat masih tingginya persebaran virus corona atau covid-19 di Jatim, Gubernur Khofifah meminta warga tidak silaturrahmi di momen idul fitri 2020. Khofifah menyarankan silaturrahmi dilakukan secara virtual.

“Saya ingin mengimbau kepada seluruh warga Jatim, Idul Fitri 1441 H ini untuk sementara silaturrahmi secara virtual,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (19/5/2020).

BACA JUGA :  BPJS Kesehatan : Virus Corona Masuk Kategori Penyakit Luar Biasa

Dijelaskan Khofifah, silaturrahmi virtual ini bisa dilakukan dengan cara video call. Jadi tidak perlu bertemu langsung. Namun, esensinya tetap sama untuk saling memaafkan.

“Bisa dilakukan lewat skype, lewat video call dan seterusnya,” tambah Khofifah.

Dari silaturrahmi virtual ini, Khofifah menyebut masyarakat bisa bersama-sama mengurangi resiko penularan covid-19. Menurut Khofifah, hal ini penting dilakukan demi menjaga diri sendiri hingga seluruh anggota keluarga.

“Oleh karena itu mari kita semua menjaga, ketika kita menjaga kesehatan kita, melindungi diri kita, maka pada saat yang sama sesungguhnya kita juga melindungi dan menjaga kesehatan orang lain termasuk keluarga kita,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Kewalahan, RSUD Ibnu Sina Rujuk Pembacok Menantu dan Istri di Gresik ke RS Bhayangkara

Di kesempatan yang sama, Khofifah menyebut penyebarann virus corona masih meningkat di Jatim. Khofifah berharap masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan dan tetap menjalankan physical distancing.

“Hari ini daerah-daerah yang penyebarannya sudah masif, di titik-titik tertentu pasti bupati atau wali kota juga buat peta detail yang dikonfirmasikan kepada seluruh elemen masyarakat, menjaga physical distancing tetap tinggal di rumah dan seterusnya. Maka itu berlaku pula pada Idul Fitri,” pungkasnya. (hen)