GP Ansor Jatim Diminta Turut Berikan Kontribusi Adanya Kawasan Industri Halal

Reporter : Catur Rini - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Sidoarjo—Empat pengurus bidang PW GP Ansor Jawa Timur dikukuhkan tadi malam di pendopo Delta Wibawa, Rabu (7/4/2021). Empat bidang tersebut antara lain bidang lingkungan hidup, bidang pendidikan vokasi dan peningkatan SDM, bidang hubungan antar lembaga serta bidang energi dan SDA.

BACA JUGA :  Tak Tahan Sakit Stroke, Kakek Pandaan ini Gantung Diri

Selain pengukuhan juga lakukan launching Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) serta Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) PW GP Ansor Jatim. Dalam kesempatan tersebut juga digelar seminar pembangunan industri Jawa Timur. Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Dr. H. Ahmad Zayadi M.Pd serta Ketua PW GP Ansor Provinsi Jawa Timur H. M. Syafiq Syauqi Lc hadir dalam pengukuhan tersebut.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi mengatakan Kabupaten Sidoarjo memiliki Kawasan Industri Halal (KIH). GP Ansor diharapkan dapat mendukung keberadaan kawasan industri halal tersebut. Terkait hal itu sudah “ditangkap” oleh PW GP Ansor Provinsi Jatim dengan melauncing dua lembaga LSP dan LPH. Keberadaan lembaga tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar bagi produk halal yang ada di KIH.

“Apa yang sudah dilaksanakan oleh PW GP Ansor Jawa Timur dengan melaunching dua lembaga tadi akan memberikan dampak positif dan sangat membantu pemerintah dalam rangka menyediakan produk halal ini,” ucapnya.

Wabup H. Subandi mengatakan Indonesia menjadi importir terbesar produk halal. Padahal Indonesia merupakan penduduk muslim terbesar didunia. Justru negara dengan penduduk muslim minoritas yang menjadi eksportir produk halal. Seperti negara Brasil maupun negara-negara Eropa lainnya yang menjadi eksportir produk halal ke negara-negara dengan populasi penduduk muslim yang besar. Melihat kenyataan tersebut diharapkan GP Ansor dapat membantu pemerintah dalam menyiapkan industri produk halal di Indonesia.

“Pimpinan wilayah harus menjadi pelopor untuk membantu pemerintah dalam hal ini,” pintanya.

Sementara itu Ketua PW GP Ansor Provinsi Jawa Timur H. M. Syafiq Syauqi mengatakan Kabupaten Sidoarjo yang memiliki kawasan industri halal menjadi peluang besar bagi GP Ansor untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan. Dikatakannya sahabat-sahabat Ansor siap mendukung keberadaan KIH yang digagas gubernur Jatim itu. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan dilaunchingnya Lembaga Sertifikasi Profesi dan Lembaga Pemeriksa Halal PW GP Ansor Jatim.

“Kami Gerakan Pemuda Ansor siap bersinergi dengan seluruh aparat pemerintah,” ucapnya. (mkr)