Gagal Menunjukkan STNK, Sepeda Motor Rakitan Disita Polisi

Reporter : Iman - klikjatim.com

Sejumlah motor tanpa STNK

KLIKJATIM.Com | Tulungagung – Dalam sebulan terakhir, Satlantas Polres Tulungagung melakukan penindakan penilangan kepada 200 pengguna jalan yang melanggar lalu lintas.

BACA JUGA :  Cantik Usianya Masih 19 Tahun, Tapi Kamera Teman Sendiri Diembat

Salah satu pelanggar yang ditilang adalah pengguna jalan yang tidak bisa menunjukkan STNK kendaraanya, saat Polisi melakukan razia kendaraan bermotor di Tulungagung.

Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP Mohammad Bayu Agustyan mengatakan, satu sepeda motor rakitan tanpa plat nomor tersebut diamankan setelah pihaknya melakukan penindakan kepada pengguna jalan yang melanggar arus lalu lintas.

“INi salah satu yang kita amankan dari beberapa kali razia yang kita lakukan untuk menekan pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan yang diakibatkan olehnya,” jelas Bayu.

Pengendara sepeda motor tersebut tidak bisa menunjukkan STNK kendaraan, apalagi rangka kendaraan tersebut juga bukan buatan pabrik,apalagi knalpot yang digunakan juga knalpot brong dan ban yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi teknik kendaraan bermotor.

“Tanpa nomor plat, tidak ada STNK dan spesifikasi kendaraany tidak sesuai spesifikasi tekniknya,” jelasnya.

Masih menurut Bayu, sesuai dengan aturan yang ada, pelanggar bakal mengikuti proses persidangan atas pelanggaran yang dilakukannya, namun untuk menunjukkan kepemilikan kendaraan tersebut diperlukan STNK sebagai barang bukti.

“Sesuai dengan aturan yang ada, pemilik akan dipanggil mengikuti sidang dan sesuai proses yang ada, tapi untuk menunjukkan bukti kepemilikannya tetap diperlukan STNK kendaraan,” pungkasnya. (bro)