Forwas Gelar Acara HPN 2021 Sederhana

Reporter : Satria Nugraha - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com I Sidoarjo – Tiga puluh awak media yang tergabung dalam Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas) memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dengan berdiskusi di Balai Wartawan Sidoarjo, Rabu (9/2) malam.

BACA JUGA :  Temukan Keanehan di Ikan Lele, Warga Jember Ini Langsung Gemetar

Diskusi tersebut mengambil tema ‘Posisi wartawan diantara profesi dan industri pers’.

Ketua Forwas Eko Wibowo Yudho mengatakan, insan pers harus bekerja profesional dengan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. “Yang utama, saat bekerja, kita harus mengacu kepada kode etik  jurnalistik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” katanya, Rabu (10/2/2021).

Menurut watawan SCTV ini, apapun profesinya, seseorang harus menjunjung etos kerja yang tinggi, kejujuran, terbuka dan santun. “Begitu juga dengan wartawan, harus mempunyai hubungan yang baik dengan semua  narasumber, agar saat mengkonfirmasi berita tidak ada sumbatan komunikasi,” lanjut Eko.

Hal sama disampaikan Suparno, wartawan Detik.com wilayah Sidoarjo ini menjelaskan,  di era serba cepat seperti sekarang ini, konfirmasi kepada narasumber sangat dibutuhkan. “Karena saya bekerja di media online yang harus segera tayang. Konfirmasi narasumber sangat penting, agar berita yang disampaikan tidak menyimpang karena telah berkomunikasi dengan narasumber yang berkompeten,” jelas Nodhor, julukan akrab Suparno.

Saat diskusi berjalan, acara semakin meriah ketika masing-masing wartawan menceritakan pengalaman mereka. Dari cerita-cerita lucu sampai adanya intimidasi saat melakukan peliputan. 

Sementara itu  Jack Roby, kontributor Kompas TV Sidoarjo mengimbau, agar rekan media memperhatikan kesehatan saat bertugas. Apalagi masa pendemi belum tahu kapan berakhir.

“Kita tidak tahu, apakah narasumber yang kita wawancarai tersebut terpapar covid atau tidak. Jadi saat bekerja, kita harus waspada dan jangan lupa bergembira ,” pungkasnya. (bro)