Emil Ingin Jatim Jadi Pilot Project Penerapan Grand Design Keolahragaan Nasional

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak ingin Jatim bisa ditetapkan sebagai daerah percontohan Penerapan Grand Design Keolahragaan Nasional.

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengaku jika dirinya ingin Provinsi Jatim bisa ditetapkan sebagai daerah percontohan Penerapan Grand Design Keolahragaan Nasional.

BACA JUGA :  Sumur Minyak Tradisional di Desa Wonocolo Bojonegoro Terbakar

Apalagi, kata dia, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI telah menetapkan Jatim sebagai tuan rumah terakhir digelarnya Forum Group Discussion (FGD) Grand Design Keolahragaan Nasional di Ballroom Hotel JW Marriott Surabaya, Sabtu (9/1/2021) malam.

“Kita harus yakin dan bisa membuat langkah-langkah konkrit. Mudah-mudahan Jatim jadi bagian berkontribusi pada grand design tersebut,” ujar Emil.

Emil mengatakan, keinginannya agar Jatim bisa menjadi pilot project Penerapan Grand Design Keolahragaan Nasional menjadi motivasi tersendiri bagi dirinya. Utamanya untuk mewujudkan ekosistem berbasis Grand Desain yang telah disiapkan Kemenpora beserta stakeholder yang ada.

“Apalagi langkah tersebut senada dengan amanah Presiden Jokowi agar ekosistem olahraga terutama untuk prestasi bisa dibangun,” jelas Emil.

Karena itu, FGD yang digagas Kemenpora RI itu diharapkan bisa menjadi rujukan untuk membenahi rencana pembangunan sektor keolahragaan secara holistik. Yakni terbangunnya sinergi dengan sektor-sektor lain, salah satunya sektor pendidikan.

“Pendidikan sangat berkaitan erat. Bahwa atlet kelas dunia dari kecil sudah beda aktivitasnya. Jadi bagaimana kita bisa menemukan bakat sedini mungkin di sekolah-sekolah,” katanya.

Emil menjelaskan, bagi dia, ditempatkannya acara tersebut di Jatim menjadi suatu kehormatan bahwa uji publik final Grand Design Keolahragaan Nasional diselenggarakan di Jatim. “Terima kasih, suatu kehormatan Kemenpora mengadakan sebuah inovasi. Dan uji publik dilaksanakan di Jatim,” kata Emil.

Sementara Menpora Zainuddin Amali mengatakan, Kemenpora RI telah bekerja sama dengan Pemprov Jatim dan Universitas Negeri Surabaya dengan melakukan uji publik dalam bentuk FGD Grand Design Keolahragaan Nasional.

Jatim sendiri, menurutnya, dipilih sebagai etape terakhir setelah keliling di berbagi perguruan tinggi dan beberapa provinsi yang juga menghimpun masukan dari masyarakat. Sekaligus untuk membedah Grand Design Keolahragaan Nasional yang dirancang Kemenpora RI.

“Sehingga begitu final, maka ini adalah hasil dari semua. Bukan hasil dari Kemenpora saja, tetapi juga semua stakeholder termasuk pemerintah di dalamnya,” pungkasnya. (mkr)