Emil Dardak Tinjau Posko Penanganan Bencana di Jatim

Reporter : Redaksi - klikjatim

Wagub Jatim Emil Dardak saat meninjau kesiapan Perahu karet di posko bencana Jatim. (Ni'am Kurniawan/Klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Surabaya–Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak meninjau kesiapan posko penanggulangan bencana. Mantan Bupati Trenggalek itu menginginkan penanganan bencana di Jatim dilakukan dengan efektif.

Posko penanggulangan bencana itu disentralkan di Kanto Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim di Jalan S. Parman, Waru, Sidoarjo. Emil mengatakan dalam seminggu terakhir sudah 15 Daerah di Jatim yang dilanda banjir karena intensitas curah hujan tinggi.

BACA JUGA :  Koperasi Syariah Tabung Haji Umroh Sediakan Layanan Jemput Berkas, Yuk..Simak Pengakuan Para Jemaah

“Ibu Gubernur melakukan imbauan bahwa berdasarkan laporan BMKG sejak akhir November itu kan. Saya mengikuti ada 15 laporan banjir yang di terbitkan Dinas PU SDA selama seminggu terakhir,” katanya, di Surabaya, Selasa (2/1/2020).

Ia menginginkan untuk Daerah-daerah yang dikhawatirkan atau seringkali menjadi langganan banjir atau daerah yang rawan potensi bencana untuk segera menerbitkan surat keterangan (SK) siaga bencana. Karena di antara daerah rawan banjir, baru Mojokerto dan Bojonegoro yang telah menerbitkan surat siaga.

“Bojonegoro dan Mojokerto sudah menerbitkan, Madiun belum, nah, ini yang kami tadi pastikan,” tambahnya.

BACA JUGA :  Kunjungi Gresik, Menteri Edhy Ikut Panen Udang Vanami

Dalam kesempatan tersebut, Emil juga meninjau kesiapan beberapa perlengkapan siaga darurat seperti perahu laret, dan tenda darurat. Tak hanya itu, dirinya juga turut mencicipi makanan kaleng siap santap yang rencana akan di distribusikan di lokasi bencana.

“Bahkan tidak hanya kami lihat, tapi kami coba dan ada tanggal Expired nya (Kadaluarsa) harus dilihat sebelum di konsumsi. Kemudian kita pastikan bahwa pola distribusi ini bisa berjalan dengan efektif  karena kuncinya sekarang adalah bagaimana langkah kita merespon,” jelas Emil.

Turut hadir pula dalam moment tersebut, Kepala Biro Kessos Pemprov Jatim Hudiono, perwakilan dari Polda Jatim Kombespol Herry Sitompu, beberapa perwakilan dari unsur TNI dan juga relawan tanggap bencana. (nk/mkr)