Dukung Kegiatan Belajar dari Rumah, UPH Kampus Surabaya Kerjasama dengan Lion Air Group

Reporter : Much Taufiqurachman Wahyudi - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Waingapu – Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Surabaya dan Lion Air Group bekerjasama melakukan kegiatan sosial. Bentuknya dengan penggalangan buku yang bertajuk ‘Buku dan Gerakan Membaca untuk Makamenggit, Sumba Timur’ Nusa Tenggara Timur.

 

BACA JUGA :  Penyekatan di Sidoarjo, Ratusan Kendaraan Plat Luar Kota Diminta Putar Balik

Program sosial berupa bantuan paket buku secara fisik dengan fokus pengumpulan buku yang terbagi dalam kategori: buku pelajaran, buku menggambar, buku cerita dan gambar, buku tulis dan lain-lain. Untuk pemilihan lokasi ditujukan kepada SD Masehi Makamenggit yang berada di Jalan Waingapu-Lewa, Matawai Torung, Makamenggit, Nggaha Oriangu.

Tujuan ke sekolah dasar ini sangat tepat berdasarkan pertimbangan matang, sesuai kondisi sekolah, kebutuhan sarana perpustakaan, melengkapi keperluan literasi (sumber tertulis) bagi siswa dan melalui rekomendasi dari Yayasan Persekolahan Masehi di Waingapu, sebagai yayasan utamabpengelolaan sekolah dimaksud.

Penyerahan diterima langsung oleh Ketua Yayasan Persekolahan Masehi, Pdt. Naftali Djoru; Konsultan Yayasan Persekolahan Masehi, Siti Suryani; Kepala SD Masehi Makamenggit, Anggreni Nday Mbati; Kepala Desa Matawai Torung, Apollo Djarawolu  beserta jajaran pihak sekolah, yang diserahkan simbolis oleh Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dan Koordinator Pelaksanaan Donasi Buku Waingapu-UPH Surabaya, Richardo Evan Wongharyono.

‘Buku dan Gerakan Membaca untuk Makamenggit, Sumba Timur’ merupakan penyerahan bantuan secara langsung yang terkumpul dari para penggiat literasi kepada Yayasan Persekolahan Masehi dan SD Masehi Makamenggit. “Kami atas nama civitas akademika Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Surabaya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak (internal dan eksternal) dalam mendukung kegiatan sosial dengan memberikan (menyumbangkan) berbagai buku. Dukungan yang tak ternilai ini sangat berarti dan bermanfaat bagi saudara-saudara kita,” kata Executive Director UPH Kampus Surabaya, Dr. Ronald Suryaputra, ST., MM., CSMA, CDM, PMA.

Ronald mengaku, pihaknya sangat berterima kasih kepada seluruh keluarga Yayasan Persekolahan Masehi. Khususnya SD Makamenggit atas penerimaan secara tulus dari kegiatan ini. “Bagi kami memberikan dampak positif. Pertama, membantu saudara-saudara kita untuk melengkapi dan menambah berbagai sumber bacaan di sekolah tersebut. Kedua, dengan datang dan melakukan penyerahan langsung ke lokasi ini kami pergunakan sebagai bagian pembelajaran praktikum, menunjang materi perkuliahan tertentu dan akan terus memotivasi, inspirasi membangun kepedulian terhadap lingkungan sekitar, terutama yang sangat membutuhkan,” kata Ronald.

Ronald menambahkan, UPH Kampus Surabaya juga mengucapkan terima kasih kepada Lion Air Group yang senantiasa dapat berkolaborasi dengan baik, mampu memberikan pengalaman baru dari sinergitas industri penerbangan bersama pendidikan. “Semoga di waktu yang akan datang bisa terlaksana dengan agenda-agenda lainnya,” imbuhnya.

Ketua Yayasan Persekolahan Masehi (YapMas), Pdt. Naftali Djoru mengungkapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mengirimkan buku-buku. Seluruh anggota yayasan dan sekolah sangat terbuka ketika Lion Air Group dan UPH Kampus Surabaya akan berkunjung dalam rangka memberikan buku kepada SD Masehi Makamenggit. “Kami menyambut baik atas inisiasi dan kegiatan langsung yang dilakukan Lion Air Group bersama UPH Kampus Surabaya. Hal ini merupakan pertama kali bagi kami mendapatkan dukungan kerjasama dari sektor penerbangan dan perguruan tinggi. Buku-buku akan kami pergunakan sebagai sumber referensi mata pelajaran yang sesuai, membuat ruang baca (pintar), pengelolaan  dan menghidupkan perpustakaan agar semakin mendorong minat baca dan belajar anak-anak khususnya SD Masehi Makamenggit,” ucapnya.

Sebagai informasi, SD Makamenggit didirikan pada 1948 sebagai salah satu perintis pendidikan dan pelatihan sejak dini untuk wilayah Sumba Timur. Lokasi ditempuh dengan berkendara sekitar 180 menit dari Kota Waingapu. Saat ini memiliki 58 siswa (kelas 1 – 6) serta 8 tenaga didik. Kondisi lingkungan masih terbatas dengan jaringan internet, sehingga kehadiran buku-buku ini dinilai akan sangat memperkuat program dan aktivitas kegiatan belajar mengajar tanpa tatap muka.

“Buku-buku rencananya akan dipilah-pilih sesuai jenjang tingkatan kelas. Untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, maka salah satu solusi terbaik dalam upaya memberikan semangat siswa terus bisa belajar dari rumah, pihak sekolah dapat meminjamkan buku selama berada di rumah secara bergantian dan terjadwal serta memberikan kesempatan bila ada siswa ke sekolah terutama ke perpustakaan dengan pola bergantian. Selama ini, proses belajar dari rumah, setiap guru akan melakukan pengawasan setiap hari sesuai jam belajar dengan datang langsung ke setiap rumah siswa (door to door) guna memberikan arahan kepada orang tua, tugas mata pelajaran dan materi pelajaran yang harus dipelajari,” terang Djoru.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro pada kesempatan yang sama, menjelaskan, Lion Air Group berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan bantuan–donasi berupa buku-buku seiring membantu terhadap sesama terutama anak-anak (siswa) SD Masehi Makamenggit di Sumba Timur. “Lion Air Group bersama UPH Kampus Surabaya sudah merealisasikan dalam bentuk Buku dan Gerakan Membaca Makamenggit. Kegiatan ini terkonsentrasi agar terus mendukung kegiatan pembelajaran di situasi saat ini maupun mendatang,” paparanya.

Danang menyatakan, gerakan membaca di SD Makamenggit ini sesuai protokol kesehatan. “Pada kesempatan yang baik ini, Lion Air Group memperkenalkan industri penerbangan kepada anak-anak (siswa-siswi) seperti jenis pesawat, profesi (pilot, pramugari dan lainnya) melalui berbagai gambar menarik dengan tujuan utama mendorong belajar anak sejak dini, wahana edukatif dan informatif mengenai dunia aviasi, serta untuk menumbuhkan imajinasi dan minat anak terhadap penerbangan,” paparnya.

Kolaborasi yang mengutamakan peran dan kontribusi terhadap sosial kemasyarakatan ini sebagai bagian inisiasi dari sektor pendidikan dan penerbangan melalui program sosial lebih fokus dalam upaya mendukung penyelenggaraan bentuk aktivitas berupa pengabdian masyarakat dan sosial (management outreach program 2021/ MOP) dengan harapan kegiatan penggalangan dan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan.

Donasi buku adalah wujud keseriusan dan kepedulian dalam menunjang pendidikan formal dan informal. Buku bacaan yang cukup, diharapkan lebih meningkatkan aktivitas membaca dan berpotensi tradisi baca dan gerakan literasi terus ada dan berkelanjutan.

Selanjutnya, peran Lion Air Group dengan UPH Kampus Surabaya akan menjadi salah satu contoh kegiatan yang menyediakan ruang bagi kalangan akademisi untuk terlibat secara mendalam di kegiatan sosial. Seperti kampanye kesehatan, tanggap untuk membantu dampak bencana, kunjungan ke yayasan dan membantu kepada sesama yang lebih membutuhkan. Sangat penting bagi pelaku di industri penerbangan dan pendidikan semakin mengenal dan berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. (*)