Dua Kandidat Tereliminasi, Berikut Tiga Nama Yang Lolos Berebut Kursi Sekda Lamongan

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi. (ist)

KLIKJATIM.Com | Lamongan — Tiga dari lima nama kandidat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamongan dinyatakan lolos setelah melalui beberapa tahap seleksi. Sementara dua lainnya harus menghapus mimpinya untuk menduduki kursi empuk Sekda Pemkab Lamongan.

BACA JUGA :  Pengedar Sabu Jaringan Lapas Diringkus, Polisi Hanya Temukan Barang Bukti 0,33 Gram

Tiga nama yang dinyatakan lolos tersebut adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Fida Nuraida; Plt Kepala Dinas Pendidikan, Moh Nalikan; dan Sekretaris DPRD Lamongan, Aris Wibawa.

Ketiga nama tersebut dinyatakan lolos setelah melalui seleksi administrasi dan dua seleksi kompetensi. Yakni kompetensi bidang manajerial dan kompetensi bidang/teknis.

Sedangkan dua nama yang tidak beruntung adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Anang Taufik dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Moh Fahrudin Ali Fikri.

Dalam kesempatan terpisah, Bupati Lamongan Yuhronur Effendi mengatakan, bahwa pihaknya tidak punya wewenang untuk melakukan fit and proper test maupun intervensi terkait dengan lolosnya tiga nama tersebut. Karena semua wewenang itu ada pada saat seleksi di panitia seleksi (Pansel) yang diketuai oleh Sekretaris Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono.

Namun begitu, Yuhronur mengungkapkan kriteria Sekda Lamongan yang diinginkan adalah bisa bersinergi dengannya dalam mewujudkan visi-misinya.

“Tentu yang searah dan paham dengan visi dan misi saya. Sehingga capaian visi misi saya bisa dapat dicapai dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lamongan, Bambang Hadjar mengatakan, nantinya satu dari tiga pejabat yang lolos tersebut akan dilantik sebagai Sekretaris Daerah definitif. Rencananya dilaksanakan pada bulan Agustus 2021.

“Setelah diumumkan tiga nama, kemudian dilakukan laporan dan koordinasi hasil seleksi terbuka ke Gubernur dan permohonan persetujuan ke KASN serta Mendagri untuk rekomendasi pelantikan,” beber Bambang.

Hingga saat ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan dijabat oleh Pj Sekda Aris Mukiyo yang juga sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMTSP) Provinsi Jawa Timur. (nul)