Dorong Percepatan, Kodim 0811 Tuban Sediakan Seribu Dosis Vaksin Covid

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

Dandim 0811 Tuban Letkol Viliala Romadhon menyaksikan penyuntikan vaksinasi Covid di Markas Kodim setempat.

KLIKJATIM.Com | Tuban – Untuk mendukung mendukung program vaksinasi massal yang dicanangkan pemerintah, Kodim 0811 Tuban menyediakan 1.000 dosis vaksin setiap hari. 

BACA JUGA :  Sejumlah Desa di Tuban Mulai Pasang Wifi Gratis Bagi Warganya

Komandan Kodim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon mengatakan, penyediaan 1.000 vaksin gratis bagi masyarakat Tuban ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan massa di lokasi vaksin. Karena itu, tiap harinya hanya dibatasi 1.000 vaksin per hari.

“Kegiatan hari ini sebagai langkah mendukung program vaksinasi massal yang dicanangkan Pemkab Tuban 20 ribu vaksin per hari. Selain itu, vaksinasi ini juga sebagai uji coba tim medis untuk menentukan formula pelaksanaan vaksinasi yang optimal,” ujar Viliala di sela memantau vaksinasi di Makodim 0811 Tuban.

Dari uji coba ini, Viliala mengaku mengaku telah mendapatkan formula yang tepat untuk menghindari kerumunan saat pelaksanaan vaksinasi massal. Yakni, dengan memperbanyak tim screening.

“Selama ini yang paling membutuhkan waktu itu saat screening (cek kesehatan), jadi tim screening harus lebih banyak dari penyuntik, sehingga tidak terjadi penumpukan. Minimal ada tiga tim screening untuk satu orang penyuntik,” jelasnya.

Viliala juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih bersabar dan tertib dalam menunggu giliran vaksin. “Jika semua mengikuti arahan dari petugas, semua akan berjalan baik dan lebih cepat,” tambahnya.

Dandim juga meminta seluruh peserta vaksin untuk memberikan informasi tentang vaksinasi gratis ini kepada tetangga, supaya semakin banyak yang dapat mengikuti vaksinasi. (ris)