Ditinggal Kongkow, Dapur dan 3 Unit Sepeda Motor Warga Tulungagung Ludes Terbakar

Reporter : Iman - klikjatim.com

Petugas damkar Kabupaten Tulungagung sedang melakukan pemadaman api yang membakar rumah warga

KLIKJATIM.com | Tulungagung – Warga kelurahan Sembung kecamatan /kabupaten Tulungagung geger, pasalnya Senin (29/03/2021) sekitar pukul 11.00 WIB tadi, bagian dapur milik Andik Sulaiman, warga setempat ludes dilahap api.

BACA JUGA :  14 Warga Kecamatan Karangrejo Tulungagung Reaktif

Kepanikan terjadi karena kebakaran terjadi di lingkungan padat penduduk, beruntung warga sekitar bahu membahu memadamkan api dengan alat seadanya,mulai dari air dari bak hingga air dari mesin diesel milik warga hingga petugas dari pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk menjinakkan api.

Kabid Damkar Satpol PP Tulungagung, Gatot Sunu mengatakan, saat anggotanya datang ke lokasi kejadian, kondisi api sudah tidak membesar sehingga bisa dilokalisir dan diantisipasi agar tidak merembet ke bangunan lain.

“Kita datang itu kondisi api masih ada tapi sudah sebagian dipadamkan oleh masyarakat yang saling membantu,”jelasnya.

Gatot menjelaskan, dugaan sementara kebakaran dipicu adanya hubungan pendek arus listrik pada jalur stop kontak yang digunakan untuk menghidupkan rice cooker penanak nasi.

Sebab setelah dilakukan pendalaman, diduga sumber api berasal dari rice cooker tersebut.

Rice cooker tersebut terletak di sebuah meja kayu, sedangkan tak jauh dari lokasi tersebut terdapat pakaian, dan 3 unit sepeda motor milik korban.

Imbasnya pakaian dan 3 unit sepeda motor serta bangunan dapur ludes terbakar.

“Dugaan awal itu dari rice cooker yang mengalami korsleting,ini dugaan kita ya,sebab kondisinya itu rice cookernya melelehdan barang barang disekitarnya terbakar juga,” ucapnya.

Gatot mengungkapkan, menurut keterangan pemilik rumah, saat kebakaran terjadi, rumah dalam keadaan kosong sedangkan pemiliknya sedang berada di rumah tetangga untuk ngobrol, karena sesaat sebelum kebakaran,sempat terjadi padamnya jaringan listrik sehingga pemilik rumah memilih untuk keluar rumah.

“Tadi itu kan sempat mati lampu, nah pas mati lampu ini pemiliknya keluar dan saat sudah ada listrik lagi, pemiliknya baru tau kalau ada kebakaran setelah ada asap di dapurnya,” tuturnya.

Pihaknya berharap, masyarakat bisa lebih berhati hati saat melakukan aktifitas, dan meminimalkan potensi terjadinya hubungan pendek arus listrik dengan merawat peralatan elektroniknya dan mengganti jika terdapat kabel yang dianggap sudah tidak layak. (bro)