Diterjang Banjir Bandang, Jembatan Penghubung Dua Desa di Lamongan Putus

Reporter : Redaksi - klikjatim

Perwakilan pejabat daerah Kabupaten Lamongan saat meninjau kondisi jembatan yang terputus. (Achmad Bisri/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Lamongan – Akibat terjangan banjir yang sempat melanda Kabupaten Lamongan, sebuah jembatan penghubung antar desa terputus. Tepatnya, di Desa Kedungsoko yang menghubungkan dengan Desa Sidomulyo, Kecamatan Mantup.

Pantauan di lapangan, kondisi jembatan tampak putus dengan panjang sekitar 2 meter di sisi timur. Untuk sementara, masyarakat terpaksa memasang jembatan darurat dari gedek agar bisa dilewati.

[irp]

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, Jannata menjelaskan, putusnya jembatan karena tidak kuat menahan derasnya aliran air saat terjadi banjir bandang. Selain itu, juga diperparah dengan tumpukan sampah dan kayu.

“Sehingga saluran tertutup dan mengakibatkan longsor di posisi timur jembatan,” kata Jannata, saat meninjau lokasi jembatan yang ambrol, Rabu (1/1/2020).

[irp]

Dia mengaku, pihaknya sudah koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga. Secepatnya akan segera memasang plat besi, agar lebih aman dilewati sambil menunggu proses perbaikan.

“Pertimbangan dari Dinas PU Bina Marga nanti akan dipasang plat besi, agar tidak membahayakan bagi yang melewati jembatan tersebut,” terang Jannata. (bis/roh)