Disparbud Lakukan Penanaman Pohon dan Buah-buahan di Panceng

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Petugas saat memberikan bibit tanaman buah di Desa Ketanen, Panceng, Gresik (Disparbud For klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Gresik melakukan gerakan pelestarian tempat wisata di wilayah Gresik Utara. Salah satunya penanaman bibit pohon buah bersama Pemerintahan Desa (Pemdes) Ketanen, Kecamatan Panceng, Gresik.

Kepala Disparbud Pemkab Gresik Sutaji Rudy melalui Kepala Seksi Pengembangan Pariwisata dan tata Kelola Destinasi, M. Fither Kuntajaya mengatakan, kegiatan ini bertujuan menjaga kelestarian wisata dan lingkungan. Sekaligus sebagai bentuk sinergitas antara Pemerintah Desa dan juga dari perusahaan.

“Iya agar mindset masyarakat tidak sekedar bersenang-senang di lokasi wisata tapi juga memperhatikan lingkungan,” katanya.

Menurutnya, selain menghijaukan tempat wisata dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat umum. Tujuan lainnya adalah agar masyarakat lebih peduli lingkungan dan menjadikannya prioritas utama dalam kehidupan sehari-hari.

“Jika lingkungan dijaga maka tempat wisata lebih indah dan pastinya bermanfaat untuk semuanya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Fither menjelaskan, pencanangan tempat wisata di Desa Ketanen sebagai konservasi, memacu Disparbud Gresik untuk berencana memberikan 500 bibit tanaman yaitu dari bibit mangga gadung, klengkeng dan durian musang king.

“Kami berharap dengan adanya perencanaan bibit tanaman ini untuk terus dijaga dan sekaligus sebagai konservasi di tempat wisata,” ucapnya.

Sementara Kepala Desa Ketanen, Mat Rofik mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya. Ia berharap agar gerakan tanam pohon ini dapat membawa dampak terhadap masyarakat Desa Ketanen agar semakin sadar akan pentingnya menjaga kelestarian tempat wisata.

“Semoga dengan didukung pohon buah ini mudah-mudahan menjadikan masyarakat Ketanen Panceng Gresik dan sekitarnya menjadi sadar konservasi terhadap tanaman yang ditanam pohon disini,” tutupnya. (bro)