Disnak Situbondo Temukan Sapi Kurban Kena Cacing Hati

Reporter : Abdus Syukur - klikjatim.com

Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kabupaten Situbondo. saat memeriksa hewan kurban.

KLIKJATIM.Com | Situbondo – Puluhan sapi kurban ditemukan mengidap cacing hati dalam pemeriksaan yang dilakukan Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kabupaten Situbondo. Temuan itu didapat dari inspeksi (sidak) ke sejumlah titik pemotongan hewan kurban di Kabupaten Situbondo.

BACA JUGA :  Blusukan ke Pasar Blauran, Machfud Arifin Disambati Pedagang

“Ada 14 ekor sapi yang terjangkit penyakit cacing hati. Sapi kurban yang terjangkit cacing hati itu, kami temukan di beberapa titik pemotongan hewan kurban di Kabupaten Situbondo,” kata Sulistyani, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada Disnak dan Keswan Kabupaten Situbondo.

Dikatakan, sidak yang dilakukan Jumat (31/7/2020) guna memastikan daging kurban layak untuk dikonsumsi dalam momen Idul Adha Tahun 2020. Data petugas di lapangan, hari pertama Idul Adha tercatat 1.312 ekor hewan kurban dipotong pada ratusan titik, tersebar pada 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo.

“Untuk memantau pelaksanaan pemotongan hewan kurban tersebut, kami menerjunkan sebanyak 40 petugas ke sejumlah titik pemotongan hewan kurban di Kabupaten Situbondo, baik dr hewan maupun mantri hewan,” ujar Sulistiyani.

Menurutnya, dari jumlah total sebanyak 1.312 hewan kurban, 14 ekor hewan kurban di antaranya ditemukan terjangkit penyakit cacing pita. Secara umum daging kurban di Situbondo layak dikonsumsi, karena Situbondo terbebas dari penyakit anthtrax. (hen)