Diseruduk Sapi Liar, Polisi Blitar Tembak Leher Sapi dan Langsung Disembelih

Reporter : Agus Riyanto - klikjatim.com

Sapi putih yang mengambil ancang-ancang hendak menyeruduk polisi yang berlindung di balik mobil patroli Polres Blitar.

KLIKJATIM.Com | Blitar – Kejadian unik menjelang Hari Raya Idul Kurban terjadi di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Kamis (30/7/2020). Seorang anggota Polres Blitar diseruduk sapi milik Gunawan warga , Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar yang terlepas dari ikatan. Tidak ingin sapi melukai warga lain, polisi terpaksa menembak mati si sapi hingga mempercepat proses pembagian daging hewan kurban.

BACA JUGA :  Bea Cukai Jatim Sita 3,1 Batang Rokok Polos dan Berpita Palsu

Menurut warga setempat, sekitar pukul 13.30, seekor sapi terlihat mondar mandir dan berlarian di sekitar perempatan antara Jl WR Supratman dan Jl Borobudur. Bahkan, sapi putih seberat 300 Kg itu beberapa kali sempat masuk ke rumah warga. Bence, pemilik sapi dibantu tetangga dan warga sekitar berupaya menggiring sapi agar kembali ke halaman rumah.

Namun upaya warga gagal, karena sapi bukannya menyerah namun tambah edan karena berlari tak jelas arahnya. Karena kewalahan, warga kemudian menghubungi Polres Blitar Kota untuk meminta bantuan menjinakkan sapi liar tersebut. Tak lama kemudian tiga anggota Polres Blitar Kota tiba dengan kendaraan mobil patroli.

Di lokasi kejadian, polisi mencoba menjinakkan sapi. Namun upaya polisi ini justru membuat sapi ngamuk dan menyeruduk dua orang polisi berpakaian dinas hingga terjengkang. Sadar sapi yang dihadapi membahayakan, akhirnya polisi meminta warga lainnya minggir menyelamatkan diri. Lantas polisi mengeluarkan pistol dan mengarahkan ke bagian kepala sapi.

Dooorrr, tembakan petugas mengenai bagian leher sapi hingga berdarah. Beberapa saat setelah ditembak, sapi tersebut masih kuat berdiri dan berlari dan semakin menjadi-jadi hingga akhirnya sapi masuk ke kamar yang berada di area warung. Sapi baru berhasil dilumpuhkan setelah petugas melepaskan tembakan ketiga.

BACA JUGA :  Pebisnis Ritel Bantu Ojol Melalui Program CSR

Kabag Ops Polres Blitar Kota Kompol Hari Sutrisno menjelaskan, pihaknya terpaksa menembak sapi karena mengutamakan keselamatan warga. Saat itu sapi dalam kondisi liar dan tidak bisa dijinakkanserta dikendalikan. “Bahkan anggota kami sempat diseruduk hingga terjungkal. K ami lepaskan tembakan kedua, sapi baru berhasil dilumpuhkan,” kata Kompol Hari Sutrisno.

Usai dilumpuhkan, sapi tersebut langsung disembelih saat masih sekarat dan dagingnya dibagikan. Menurut Gunawan, pemilik sapi mengatakan, sapi tersebut rencananya hendak dikirim untuk dijadikan sapi kurban di Masjid An Nur yang berada di Kelurahan Bendogerit. Sapi sebenarnya sudah berhasil diturunkan. Namun saat hendak diikat, sapi mengamuk dan lari. (hen)